Tips Membeli Mobil Bekas

Tips Membeli Mobil Bekas

Walaupun tiap bulan lahir mobil-mobil baru, tapi bisnis jual beli mobil bekas masih sangat seksi. Salah satu faktornya adalah mobil sudah dianggap kebutuhan biasa, bukan lagi lux seperti sebelumnya dan tidak semua orang mampu untuk membeli mobil baru, sehingga akhirnya pilihan jatuh pada membeli mobil bekas.

Pada saat akan membeli mobil bekas, harus benar-benar memperhatikan banyak hal, mengingat mobil tidak lagi dalam kondisi 100% keluaran pabrik tapi bekas dipake orang, yang kita tidak tahu bagaimana penggunaan mobil tersebut sebelumnya. Dan lagi pula, kalau mobil baru ada masalah kan ada garansi kadang sampai 3 tahun, kalau mobil bekas kan ga ada, jangan sampai biaya perbaikannya nanti terlalu mahal bahkan mendekati harga mobil barunya.

Tips Membeli Mobil Bekas

Mungkin anda salah satu yang berencana membeli mobil bekas, maka sebaiknya perhatikan tips-tips berikut ini yang saya rangkum dari berbagai sumber, sehingga bisa mendapatkan mobil bekas yang masih bagus.

1. Cari tahu sejarah mobil tersebut
Salah satu caranya adalah dengan menanyakan langsung kepada orang yang mau menjualnya. Tanyakan dengan santai sejarah mobil tersebut secara teliti dan rinci. Jangan sampai anda kecewa atau merugi di kemudian hari.

Jika ditemukan fakta bahwa mobil tersebut pernah mengalami tabrakan, terendam banjir atau pernah menjadi mobil rental / sewaan, maka itu bukan ide yang bagus untuk membelinya. Mobil-mobil dengan track record seperti ini pasti akan membuat anda kecewa, beberapa bulan atau beberapa tahun ke depan.

2. Cari informasi mengenai mesin mobil yang bersangkutan
Sebelum melakukan survey dengan mendatangi mobil yang akan anda beli, sebaiknya temukan dulu referensi dari mesin mobil bekas yang akan anda beli. Hal ini bisa kita temukan dengan mudah di internet. Karena biasanya untuk type-type tertentu, ada kelebihan dan kekurangan dari mesin mobil yang bersangkutan. Setelah referensi lengkap, barulah datang untuk mengecek langsung mesin mobil yang anda incar, dan sebaiknya anda mengajak orang yang ngerti akan kondisi mesin, mekanik bengkel misalnya. Memang akan keluar uang, tapi ini jauh lebih baik dibandingkan mendapat mobil yang rajin ke bengkel nantinya.

Biasanya orang yang merawat mobilnya dengan baik, memiliki jadwal service rutin setiap periodenya, bahkan menyimpan bukti-bukti service dan penggantian part/oli. Jika hal ini ada, bisa jadi sinyal baik bagi kita untuk mempertimbangkan membeli mobil tersebut. Bahkan kalau perlu, datangi bengkel tempat biasa mobil tersebut diservice, hanya untuk membuat kita lebih yakin dengan kondisi mobil yang akan jadi milik kita tersebut.

4. Lakukan test drive dengan santai
Setelah tau kondisi interior dan ekserior dengan melihat dan bertanya, kini saatnya untuk menjajal mobil tersebut. Testlah mobil tersebut dengan santai, ingat anda calon pembelinya dan anda harus diperlakukan dengan baik. Jika si empunya mobil inginnya cepat-cepat saja mobil itu dibeli atau tidak, maka itu indikasi yang kurang baik.

Mulailah mobil dinyalakan, dipanaskan dalam kondisi diam dan mulai berjalan pelan-pelan sambil dirasakan suara mesin atau mungkin ada muncul suara-suara yang lain. Pacu lebih tinggi, kemudian test remnya. Dan kalau diijinkan pemilik, cobalah pacu untuk di kecepatan tertinggi (top speed), sehingga kita bisa yakin mobil itu bagus di segala RPM.

5. Lakukan perbandingan dengan mobil sejenis
Setelah selesai pengecekan mobil, jangan langsung memutuskan, tapi mintalah tempo beberapa hari kepada calon penjual. Bilang saja anda akan mendiskusikannya dengan istri misalnya. Nah nanti coba anda cari perbandingan dengan mobil lain yang sejenis, bisa di penjual lain ataupun nyari referensi di internet, sehingga kita bisa tahu persis harga mobil tersebut yang paling pas. Di internet bisa anda cari di google dengan mengetikan “olx mobil bekas” atau yang lainnya.

Demikian sedikit tips bagi anda untuk membeli mobil bekas dengan harga terjangkau sedangkan kualitas masih sangat oke, semoga bisa membantu 🙂

Posted in Tips and tagged , , , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.