kampas rem elig klx

Tips dan Modifikasi lengkap Untuk Meningkatkan Performa Kawasaki KLX 150

Tips & Modifikasi KLX 150 – Banyak yang merasa kurang puas dengan performa Kawasaki KLX 150S saat diajak melibas trek adventure yang terbilang ekstrim, agar KLX 150S anda lebih perkasa saat menaklukkan medan yang berat, dibutuhkan beberapa ubahan dan penyesuaian. Disini kita akan membahas beberapa tips dan ubahan yang dibutuhkan untuk mendongkrak performa Kawasaki KLX 150.

Sebelum membahas lebih jauh, mari kita telusuri spesifikasi asal bawaan pabrikannya; Dapur Pacu Kawasaki KLX 150 Mengandalkan Mesin SOHC 2-Valves 150 cc dengan standar EURO 3. Karburator Keihin CV24 serta sistem pengapian Digital DC-CDI dan berpendingin udara. Mesin pada New KLX 150 standar mampu memuntahkan daya maksimum sebesar 8,6 kW atau setara dengan 11.7 PS di putaran mesin 8000 rpm. Dengan  torsi maksimum sebesar 12 Nm di putaran 6.500 rpm.

kampas rem elig klx

Spesifikasi Kawasaki KLX 150
Rangka
Suspensi Depan Teleskopik fork
Suspensi Belakang Uni track swing arm
Ban Depan 2.75-21 45p
Ban Belakang 4.10-18 59p
Panjang x Lebar x Tinggi 2080 x 770 x 1145
Jarak Poros Roda 1340 mm
Berat 115 kg
Mesin
Tipe 4-langkah SOHC
Maksimum Power 8,6 kW/8000 rpm
Torsi Maksimum 12 Nm/6500 rpm
Karburator Keihin CV24
Diameter x Langkah 58,0 x 54,4mm
Volume Silinder Satu silinder & 144cc
Sistem Pengapian DC-CDI
Sistem Pendinginan Pendinginan udara
Perbandingan Kompresi 9,5 : 1
Transmisi
Jumlah Transmisi 5-speed, return

 

kampas rem elig klx

Kawasaki KLX150_agar siap Adventure, apa yang harus diubah?

Produk motor trail yang paling laris di pasaran saat ini adalah Kawasaki KLX150 series karena merupakan satu – satunya motor trail 150 cc asal Jepang yang ada dipasarkan saat ini.

Bagi konsumen yang kurang akrab dengan motor trail, banyak yang menyangka Kawasaki KLX150 adalah motor yang kuat untuk menaklukkan berbagai medan berat dan tanjakan, padahal dalam kondisi standarnya, Kawasaki KLX150 sering diasapi oleh motor bebek di medan pegunungan yang terdapat banyak tanjakan.

Dalam kondisi standar memang Kawasaki KLX150 sudah bisa main off road ringan, tapi untuk medan off road yang lebih berat, seperti disaat harus menghadapi tanjakan yang cukup tinggi, jelas akan sangat merepotkan Rider KLX itu sendiri.

Pengguna Kawasaki KLX150 setidaknya perlu melakukan beberapa modifikasi agar tunggangannya dapat menaklukkan medan off road yang lebih berat, beberapa ubahan minimalis yang dapat dilakukan pada Kawasaki KLX 150 adalah:

Ganti Knalpot Free Flow KLX 150

kampas rem elig klx

Tarikan dan tenaga Kawasaki KLX150 memang kurang spontan. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk meningkatkan  tenaga dan torsi Kawasaki KLX150 adalah dengan mengganti knalpot standar bawaan pabrikan dengan knalpot model free flow. Pilihan knalpot free flow untuk Kawasaki KLX150 di pasaran cukup bervariatif, seperti merek: R9, Norifumi, Nob1, FMF, dan lain-lain, harganya pun bervariasi mulai dari ratusan ribu hingga Rp 2 jutaan. Anda juga bisa menggunakan knalpot custom untuk mengimbangi performa mesin yang diracik khusus, tinggal sesuaikan saja dengan budget yang tersedia sob..

Ganti Karburator KLX 150

kampas rem elig klx

Langkah yang harus dilakukan bersamaan dengan penggantian knalpot free flow adalah mengganti karburator dengan venturi lebih besar. Karburator standar Kawasaki KLX150 memiliki venturi 24 mm. Ukuran ini dianggap terlalu kecil yang membuat tenaga tidak keluar secara maksimal. Apalagi karburator Kawasaki KLX150 menggunakan tipe vakum, sehingga respon dari tarikan gas nggak bisa instan. Penggantian karburator standar dengan karburator berukuran venturi lebih besar (28 mm) bisa menjadi langkah yang tepat untuk mendongkrak tenaga motor, pilihannya biasa jatuh pada karbu PWK28 atau PE 28 yang lebih ekonomis.

Ganti Kampas Kopling Kevlar & Per Kopling KLX 150

kampas rem elig klx

Agar torsi tarikan KLX 150 dan transfer daya lebih maksimal, bisa mengadopsi kampas kopling dengan material Kevlar yang terkenal jauh lebih kuat dan menggigit jika di bandingkan dengan kampas kopling bahan biasa.

Pilihan produk kampas kopling Kevlar banyak beredar dipasaran, seperti merek: Elig, WRX, Daytona, Faito ,dll, harganya pun bervariatif, produk yang direkomendasikan buat KLX 150 adalah kampas kopling Kevlar merek elig (EC001) yang dibandrol dikisaran 175 ribu, plug and play no judder, dijamin torsi tarikan nendang dan ga akan kedodoran, merek lain yang sudah akrab pun banyak dengan harga lebih mahal, tapi yang terpenting kualitas bahan kevlarnya sob. Cek referansi Click disini.

Biar kampas kopling KLX 150 enggak gampang aus dapat mengaplikasi pegas aftermarket yang lebih keras. Sudah banyak beredar di pasaran. Bisa juga aplikasi milik Ninja 150R karena ukurannya sama. Kalau mau lebih murah, ganjel pakai ring 2mm yang diameternya sama dengan per kopling nya.

Ganti Ban Off Road & Kaki – Kaki KLX 150

kampas rem elig klx

Ban standar Kawasaki KLX150 adalah ban dual purpose yang di desain untuk melibas medan off road dan on road, jika dipakai pada medan off road yang banyak tanjakan pasti akan merepotkan ridernya. Solusinya dengan mengganti ban standar dengan ban off road. Di pasaran banyak beredar ban off road, baik untuk kombinasi rim 16-19 inch maupun 18-21 inch. Harganya juga beragam, dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Beberapa ban off road murah yang cukup direkomendasikan antara lain IRC Motocross dan Swallow Terra Cross. Kalau mau yang lebih mahal sih banyak, misalnya Maxxis, Pirelli, Dunlop, dll.

Rim standar KLX 150 berukuran 19 inci pada bagian depan dan 16 inci dibagian belakang, ukuran ini masih kurang pas untuk melintas di kubangan, harus diganti biar lebih aman, dengan perpaduan 21 inci depan dan 18 inci belakang, agar stabilitas meningkat. Makin sip jika diikuti dengan ubahan kedua suspensinya, karena arm belakang dimensinya kurang panjang. Untuk shock depan selain bisa pasang upside down limbah copotan, bisa juga pakai peninggi shock saja kalau dana belum terkumpul.

Ganti Gear KLX 150

kampas rem elig klx

Biar tarikan motor di tanjakan lebih nampol, ada baiknya mengubah rasio gear standar Kawasaki KLX150. Rubahan rasio gear KLX 150 bisa dilakukan dengan mengganti gear belakang yang ukurannya lebih besar dari ukuran standarnya dan mengganti gear depan dengan ukuran lebih kecil dari standar, atau kombinasi keduanya. Jika gear belakang diperbesar atau jumlah matanya bertambah, maka torsi tarikan pun akan meningkat dan untuk gear pada bagian depan kebalikannya, harus dikurangi untuk menambah akselerasi dan tenaga. Prinsip dasarnya seperti susunan gear pada sepeda gunung sob, jika kita ketemu tanjakan curam, maka kita akan menggeser gigi belakang ke gear yang paling besar dan depan ke paling kecil agar lebih enteng saat di goes.

Upgrade Mesin KLX 150

kampas rem elig klx

Jurus bore up bisa jadi andalan untuk meningkatkan performa mesin dengan mengandalkan produk aftermarket yang terdiri dari blok lengkap dengan piston diameter 63,5 mm, pin, ring dan paking. Tinggal bubut head saja untuk meyesuaikan squis point nya. Pilihan blok after market yang dijual satu set ini memiliki beragam merek, seperti: Kawahara, CLD, dan TDR. Tipikal ketiga produk ini mirip-mirip dan ditawarkan mulai dari harga Rp 750 ribu sampai dengan Rp 900 ribuan.

Ganti CDI KLX 150

kampas rem elig klx

Ubahan mesin harus dimaksimalkan dengan CDI aftermarket untuk menyesuaikan pengapian, CDI untuk KLX 150S bisa aplikasi CDI BRT ataupun Kawahara harga dibanderol sekitar Rp 900 ribuan.

Ganti Kampas Rem Kawasaki KLX 150

kampas rem elig klx

Upgrade mesin dan kaki harus di imbangi dengan sistem pengereman yang baik, produk yang banyak direkomendasikan adalah merek elig, karena materialnya ceramic organic, jadi ga makan piringan dan grip pun dijamin lebih ok. Kampas rem Elig untuk KLX 150 ada 2 pilihan dengan harga bandrol yang berbeda: Tipe elig premium untuk KLX depan dibandrol dikisaran harga 70 ribuan, tipe sport mencapai harga 160rb, tersedia juga kampas belakang elig untuk klx bagian belakang dengan harga 80 ribuan. Paling sip, rekomendasi dari temen – teman yang suka naik gunung racikannya adalah depan pake tipe elig sport dan belakang cukup elig premium, safety first bro. mau cek spesifikasi lengkapnya langsung ke website resminya aja sob: www.eligindonesia.com

Ganti Stang KLX 150

kampas rem elig klx

Stang bawaan pabrik sering dianggap kurang lebar, sehingga mempengaruhi handling saat di trek tanah maupun batu. Penggantian dengan stang motocross jadi resep jitu untuk mengatasi keterbatasan handling KL150L di jalur adventure off-road.

Barang-barang import, banyak ditawarkan ke konsumen saat ingin mengganti setang. Namun ada juga setang berlabel lokal, seperti AHRS, SND dan Kawahara.

Ganti Handle Rem & Kopling KLX 150

kampas rem elig klx

Jatuh bangun sering terjadi pada aktivitas adventure off-road dengan motor trail dan part seperti handle rem atau kopling biasanya akan jadi korban saat rider terjatuh, walau tidak patah, handle yang bengkok akan merusak konsentrasi penunggang di tengah medan off road.

Banyak produk aksesori handle rem maupun kopling denagn desain fleksibel, sehingga, tidak akan bengkok saat motor terjatuh.

Nah semoga jurus – jurus diatas bisa bikin motor KLX 150 sobat jadi lebih perkasa dan bisa di andalkan buat melibas track off road yang jauh lebih ekstrim. Semoga berguna and selamat mencoba…

kampas rem elig klx

Posted in Informasi and tagged .

2 Comments

  1. Dengan begitu, modal kecilpun bisa mendatangkan hasil yang maksimal, karena jika dirasa, untuk melakukan boreup tentu membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Maka dari itu bagi anda yang menyukai akselarasi cepat namun mmodal minim, anda bisa melirik Yang pertama dilakukan adalah menjauhkan dari keinginan boreup, dan mengubah durasi noken as menjadi custom yang tepatnya menjadi sekitar 255 derajat untuk in dan out. Dan lift juga dimodifikasi menjadi m untuk keduanya. Dengan begitu pemasukan dan pembuangan akan lebih besar yang membuat tenaga semakin joss.

  2. ___123___Tips dan Modifikasi lengkap Untuk Meningkatkan Performa Kawasaki KLX 150 | Norival – Penghemat BBM Mobil dan Motor___123___

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.