dosis norival berlebih

Hasil Setelah Menggunakan Norival

Di dalam blog ini, Norival diklaim sebagai penghemat BBM, tapi di lapangan, hasil bisa berbeda-beda, tergantung dari cara dan kebiasaan kita berkendaraan. Dan ini semua kembali kepada pengendara itu sendiri, sebenarnya apa yang dia ingin dapatkan setelah menggunakan Norival ini. Tapi yang jelas, dari semua orang yang saya berikan tester, semua menyatakan ada manfaat yang mereka dapatkan.

Jika anda lebih ingin mendapatkan fungsi penghemat BBM, atau ingin Norival ini berfungsi sebagai alat penghemat BBM, maka sebelum dan sesudah menggunakan Norival ini, jangan ada perbedaan dalam hal berkendara, termasuk juga rute dan beban kendaraan. Ya tentu ini memang agak sulit untuk menyamakan kondisi sebelum dan sesudah penggunaan, tapi untuk perbandingan empiris, harus anda lakukan pada kondisi yang sama. 2 teman saya menyatakan terjadi pengiritan bbm pada motor mereka. Yang satu, waktu-waktu tertentu berangkat dari Indramayu ke Jakarta, dan biasanya mengisi full di Subang, terus mengisi lagi di Bekasi, di tempat yang sama dan dengan beban yang sama, serta kecepatan kurang lebih sama, termasuk pola berkendara yang juga sama, biasanya mengisi 14rb, dan setelah menggunakan Norival, ternyata turun menjadi 12rb. Teman yang satu lagi biasa isi 7rb, sekarang cuma 6rb.

Efek lain setelah menggunakan Norival adalah entengnya tarikan, lebih responsif dan lebih bertenaga. Nah, jika efek ini lebih anda rasakan, maka inginnya tancap gas terus, lebih ngebut dibandingkan sebelum pake. Jika ini terjadi, maka efek penghematan BBM akan kurang terasa, malah mungkin jadi lebih boros. Tapi kalau anda berfikir, dibandingkan isi pertamax seharga lebih dari 9rb, ya tetap mending premium + Norival Gold dengan total perliter hanya Rp. 4.750,-, tetap terjadi penghematan yang luar biasa. Bonusnya ya itu tadi, tarikan lebih enteng, respon lebih baik dan tenaga lebih kuat, selain tentu saja sebagai penghemat BBM.

Ada efek lain yang sifatnya lebih jangka panjang dari penggunaan Norival ini, yaitu perlahan-lahan, tumpukan karbon dan sulfur di ruang pembakaran yang tercipta sebelumnya, akan dibersihkan oleh Norival ini. Maka jangan heran kalau di awal-awal penggunaan, ada cairan kuning atau hitam di knalpot. Terus, ditemukan juga beberapa kasus mobil tersendat di awal-awal pemakaian, malah ada juga yang merasakan kendaraan lebih boros. Maka, terlalu dini untuk menilai efek penggunaan Norival pada pemakaian awal-awal. Jika anda ingin mendapatkan hasil yang optimal, rasakanlah setelah beberapa kali menggunakannya, yaitu saat mesin sudah lebih bersih. Seperti yang saya rasakan, tarikan lebih enteng, respon lebih cepat, tenaga lebih kuat, getaran mesin lebih halus, suara lebih lembut dan wangi knalpot juga lebih enak. Dan satu hal lagi, terjadi penghematan bensin dari mobil yang saya gunakan. Silakan buktikan penghemat BBM – Norival 🙂

rasio kompresi

Cara Meningkatkan Nilai Oktan Bensin

Anda tentu tahu kalau bensin itu ada premium, pertamax, pertamax plus, dulu ada lagi premix, dan juga produk-produk setara dari perusahaan luas seperti Shell atau Petronas. Tapi apakah anda tahu apa perbedaan dari jenis-jenis bensin tersebut? Ya tentu saja selain nama dan juga harganya. Yang membedakannya adalah apa yang disebut Bilangan Oktan. Premium bilangan oktannya 88, pertamax 92, pertamax plus 95, premix 91, dan angka yang setara juga terdapat pada bensin Shell dan Petronas. Lalu apalah bilangan oktan itu dan apa pengaruhnya terhadap mesin?

Dikutip dari wikipedia, bahwa Bilangan oktan adalah angka yang menunjukkan seberapa besar tekanan yang bisa diberikan sebelum bensin terbakar secara spontan. Pernah dengar mesin 4 tak kan (4 langkah)? Nah saya coba jelaskan dengan mekanisme ini. Ke empat langkah itu adalah:

  1. Piston turun dan klep terbuka, ruangan di atasnya akan diisi oleh campuran udara dan bensin (dalam bentuk gas), dengan perbandingan 15:1.
  2. Klep tertutup, dan piston kembali naik ke atas dan menekan campuran udara dan bensin tadi. Semakin kecil ruang tersisa untuk campuran itu, maka semakin besar tekanan yang terjadi. Konsekwensinya ini akan memperbesar tenaga potensial terhadap piston, sehingga siap melakukan tolakan yang lebih dahsyat. Perbandingan ruang total piston dan ruang yang tersisa setelah dimampatkan tadi disebut perbandingan kompresi. Semakin tinggi perbandingan ini, maka semakin besar tekanan yang terbentuk.
  3. Idealnya, sesaat sebelum piston mencapai titik tertingginya, busi akan memercikan api, sehingga terbakarlah campuran bensin dan udara tadi. Energi yang terlontar dari hasil pembakaran ini dan juga tekanan yang besar tadi akan ‘melemparkan’ kembali piston ke bawah dan memutar poros roda.
  4. Setelah mencapai titik terbawah, maka ruangan akan dipenuhi sisa-sisa pembakaran, idealnya CO2 dan H20 (air), yang juga berupa gas. Ini akan terdorong oleh piston yang kembali naik ke atas, dan klep terbuka, sehingga bisa dibuang lewat knalpot. Pembakaran yang tidak sempurna, bisa menciptakan gas lain yaitu karbon monoksida (CO) yang berbahaya serta meninggalkan kerak di atas kepala piston. Apabila terus menerus, bisa merusak mesin.

Ilustrasinya bisa dilihat di gambar ini:

xenia dan avanza
Untuk langkah ke2 di atas, semakin besar kompresi, maka tekanan akan semakin tinggi, celakanya campuran udara dan bensin juga bisa terbakar secara spontan sebelum percikan api dari busi keluar. Pada posisi ini, piston sedang bergerak mencapai titik tertingginya dan akan terkena ledakan hasil pembakaran spontan itu. Inilah yang kemudian disebut knocking (ngelitik). Akibat tembakan yang terus menerus, maka selain pembakaran tidak sempurna, kepala piston juga mungkin saja akan jebol. Dan akibat lainnya, tenaga tidak akan maksimal.

Bagaimana mengatasi pembakaran prematur ini? Tentu saja dengan meningkatkan titik bakar dari bensin. Titik bakar ini berbanding lurus dengan nilai oktan bensin. Nilai oktan premium adalah 88, dan ini cocok untuk mesin dengan kompresi rendah (7-9 : 1). Sedangkan jika kompresi di atas 9 : 1, maka premium akan terbakar duluan sebelum busi memercikan api. Maka pertamax lah yang cocok untuk kompresi di atas 9 : 1 (yaitu 9-10 : 1). Untuk yang lebih tinggi lagi, pertamax plus yang harus dihirup mesin (10-11 : 1). Di atas ini, bensin dengan nilai oktan lebih dari 95 yang harus dipake (96 dst) untuk kompresi 11-13 : 1.

Anda mungkin tahu kalau All New Xenia perbandingan kompresinya 11 : 1. Dari penjelasan di atas, harusnya minimal pertamax+ lah yang harus dipakai, bahkan bagusnya RON 96 ke atas. Bisa kita bayangkan, orang beli Xenia biar hemat, trus ternyata wajib pake pertamax plus, bisa dijual lagi mobilnya, he3… Pantas saja, di forum-forum banyak sekali xenia dan avanza yang penyakitnya ngelitik. Untuk teknologi terbarunya ternyata hal ini bisa diakali, yaitu ECU memundurkan waktu pengapian. Tapi, tetap saja kurang optimal dibandingkan dengan kecocokan nilai oktan dan rasio kompresi, yang menyebabkan pembakaran sempurna dan tenaga optimal.

Yang kemudian jadi masalah adalah mahalnya harga bensin dengan oktan tinggi (92 dst), yang harganya lebih dari 2x lipat harga bensin premium. Jika kantong anda cukup untuk menghirup pertamax or pertamax+, mungkin ga akan terlalu bermasalah, tapi kalau tidak, ya mau ga mau tetep premium sambil nyari cara untuk meningkatkan nilai oktannya. Ya kalau dalam istilah dunia maya disebutnya ‘hack’ atau ‘crack’. Apakah ada? tentu saja banyak.

Angka oktan bisa ditingkatkan dengan menambahkan zat aditif bensin, contohnya TEL dan MTBE. Jika sasarannya hanya nilai oktan yang naik, maka mereka telah berhasil melakukan tugasnya. Tapi, ternyata ada efek samping negatif dari penggunaan kedua zat tersebut, yaitu menghasilkan racun yang membahayakan mahluk hidup. Tentu saja anda ga mau kan nyaman dengan kendaraan sendiri, tapi meracuni orang lain yang menghisap knalpot kita.

Kemudian berkembanglah ahli-ahli yang meracik berbagai ramuan peningkat oktan. Sekali lagi, kalau sasarannya adalah nilai oktan, mungkin berhasil, tapi kan banyak aspek lain yang harus diperhatikan. Seandainya mereka berhasil menaikan nilai oktan, trus kalau nilai kalor tidak naik, tentu saja kurang sempurna. Pengapian memang tepat tapi energi yang dihasilkan masih sekelas premium. Zat aditif yang bagus, harus mampu menaikan nilai kalor disamping nilai oktan.

Kemudian, jika pengapian sempurna kemudian timbul efek panas berlebih di ruang bakar, apakah ini dapat diantisipasi? Soalnya, dengan pengapian yang sempurna, tentu saja akan terjadi kenaikan suhu pada ruang bakar. Zat aditif yang baik harus mampu memberikan efek katalisator sehingga mampu meredam kelebihan suhu yang pasti muncul.

Jika anda terpaksa harus mengisi bensin di SPBU kecil, apakah anda yakin dengan kualitas bensin yang masuk ke dalam tangki mobil anda, walaupun itu pertamax bahkan pertamax+? Memang sih kecil kemungkinan bensin tersebut dicampur air biar untungnya gede, tapi tangki-tangki di bawah tanah tempat menyimpan bensin itu, apakah rutin dikuras atau dibiarkan bertahun-tahun? Nah ini yang justru berbahaya, karena endapan di tangki itu akan terakumulasi dan semakin banyak, akibatnya mungkin sekali masuk ke dalam tangki bahan bakar kita. Dan kalau kotoran ini ikut juga ke mesin, sangat mungkin akan merusak injeksi atau bagian yang lainnya. Zat aditif yang baik, harus mampu memberikan efek kaporit, sehingga kotoran yang masuk ke dalam tangki akan mengendap ke dasar. Walupun konsekwensinya, minimal setahun sekali harus menguras tangki bahan bakar. Tapi ini jauh lebih murah dibandingkan mengganti spare part mesin.

Dan yang terakhir, dan biasanya dicari orang adalah zat aditif yang mampu menjadi alat penghemat BBM. Menghemat 10% saja dari bensin dengan oktan yang sama, sudah lumayan, apalagi yang mampu memberikan efek pertamax bahkan lebih namun tetap seharga premium, ini jauh lebih luar biasa.

Dari sekian banyak zat aditif yang dapat meningkatkan nilai oktan, tidak banyak yang mampu memberikan efek-efek positif seperti di atas. Bahkan saya sendiri baru mampu menemukan satu saja, yaitu Norival. Norival dapat meningkatkan nilai oktan bensin sesuai yang kita inginkan berdasarkan nilai rasio kompresi, apakah 90, 92, 95 atau 98. Selain itu, tenaga lebih dahsyat, ini karena Norival mampu meningkatkan nilai kalor. Efek katalis juga mampu diberikan Norival, sehingga dengan sempurnanya pembakaran dan energi yang dahsyat, suhu tetap terjadi di ambang yang diperbolehkan. Selain itu, efek kaporit juga ada. Buktinya bensin yang kotor sekalipun, akan berangsur jernih saat ditetesi Norival.

Lantas bagaimana efek penggunaan jangka panjangnya? Di awal-awal mungkin ada gejala tersendat, lebih boros, asap knalpot asem. Hal ini wajar, karena warisan penggunaan di masa sebelum pake Norival, tentu akan meninggalkan bekas. Namun dengan pemakaian yang rutin, mesin akan semakin bersih, pembakaran sempurna, lebih hemat, dan knalpot juga lebih harum baunya. Ya ini bukan promosi semata, melainkan bicara sebagai seorang pemakain Norival. Tolong dikoreksi kalau ada yang salah, maklum newbie abies.. 🙂

Norival Drag Race

Ingin Knalpot Berbau Harum?

Dalam banyak hal, mesin kendaraan bisa diidentikan dengan tubuh manusia, terutama dari sifat dan perilakunya. Manusia bisa sehat dan sakit, demikian juga dengan mesin kendaraan. Dan faktor yang demikian dominan menentukan sehat atau sakitnya manusia adalah makanan yang dikonsumsinya. Dengan analogi yang sama juga, ternyata mesin kendaraanpun tergantung dari asupannya (bensin atau solar), selain dari pemeliharaan rutin tentunya.

Jika asupan makanan bagus, tidak perlu mahal, tapi sesuai dengan yang dibutuhkan tubuh, maka tentu tubuh akan sehat, kuat dan bertenaga. Namun kalau asupan kurang, atau berlebih, atau tidak sesuai, maka pasti akan menimbulkan penyakit tertentu, bahkan bisa saja komplikasi dari banyak penyakit. Nah kalau sudah begini, repot tentunya, karena kita ga akan bisa secara efektif tanpa vitalitas tubuh, energi yang kurang, banyak kerasa dll.

knalpot-berbau-harum

Kendaraan pun demikian. Jika yang diinginkan mesin adalah bensin beroktan tinggi, tapi kita isi dengan premium, tentu saja ga sesuai dan akan banyak kerasanya, sejenis ngelitik, loyo, boros, dll. Tapi kalau kendaraan pun kita isi dengan pertamax plus sekalipun, bukan berarti itu tidak akan menimbulkan masalah. Terkadang tangki SPBU itu sudah bertahun-tahun ga dikuras, akhirnya kotoran akan mengendap dan terakumulasi, dan kalau ini masuk ke mesin kita, maka berbagai gejala juga bisa timbul, dan yang paling parah, bisa bikin jebol dompet, he3…

Untuk menyediakan asupan yang cukup dan sesuai, maka Norival memiliki solusinya. Lihat daftar kompresi motor atau kompresi mobil anda, dan gunakanlah Norival yang cocok sesuai dosis. Maka anda akan dapat manfaat Norival sebagai berikut:

  1. Pas dikantong, paling mahal saja Rp. 555,- (Norival Titanium) untuk setiap liternya dan anda akan mendapatkan bensin dengan oktan di atas pertamax plus, luar biasa bukan.
  2. Tenaga kuat dan respon cepat
  3. Suhu tidak berlebih
  4. Kotoran2 akan mengendap di dasar tangki tanpa ikut masuk mesin. Konsekwensi 6bulan – 1tahun sekali harus kuras tangki bensin. Ini lebih murah dibandingkan mengganti spare part.
  5. Terjadi penghematan 20-40%
  6. Perlahan tapi pasti, kerak dan kotoran lain di ruang pembakaran akan dikeluarkan dari knalpot, sehingga mesin anda akan semakin awet.

Demikian sedikit tips, dan yang saya temukan hari ini sungguh bikin kaget. Sebelumnya saya pernah ga sengaja nyium asap knalpot mobil saya, dan asem serta perih juga bau menyengat. Tapi sekarang, selain tetesan air, ada asap putih tipis, dan begitu saya coba cium, ternyata ga ada bau asem, perih dan menyengat, tapi justru harum sereh. Ini pasti efek dari Norival. Anda berani nyium asap kendaraan sendiri?

penghemat bbm

Mesin Mobil Ngelitik?

Betulkah semua serba oktan bila bicara tidak gelitik ? di masa ini tak terhitung aditif yang mampu merubah struktur kimia bbm agar tidak menyebabkan gelitik. Katakanlah salah satunya My Green Oil, Broquet, Outlaw, Red line, Lucas, dll. Aditif2 tersebut pernah ane pakai sendiri bertahun-tahun dan beberapa rekan disini pun pasti pernah menggunakan salah satu aditif itu bertahun juga.

Dengan kepiawaiannya merubah struktur kimia bbm, mreka sanggup membuat mesin tidak ngelitik. Silahkan dicoba bila tidak percaya. Mereka adalah brand2 yang mungkin sudah ‘ lebih dipercaya ‘ karena mendapatkannya mudah, di mall2 ada khususnya mall teknnis seperti ace hardware.

mesin-mobil-ngelitik

Namun pada faktanya beberapa dari merk2 terkenal ( gak perlu tau yang mana ), tidak memberikan penambahan performa selain menghilangkan gelitik dan memberikan treatment, serta irit bbm. Namun performa tidak ngelitik.

Bila memang dikatakan oktan menambah tenaga, sudah suatu hal yang keliru besar. Mencegah gelitik sangat banyak caranya bila mengetahui total soal struktur kimia BBM. Masalahnya yang diketahui orang awam berbeda dengan yang diketahui orang laboratorium. Tidak mungkin pemakai bbm mampu membuat bbm. Bila mampu membuat bbm, tentunya sudah mampu menggunakan bbm dengan baik dan benar tanpa konsultasi lagi kepada siapapun.

Beberapa dari merek terkenal tersebut juga mengakui tidak meningkatkan oktan/ron. Namun anehnya tidak ngelitik dan sudah dibuktikan banyak pemakaianya. Lho kok bisa? tentu bisa, karena mereka sudah paham bagaimana caranya. Yang belum paham selalu berpatokan oktan. Padahal oktan sudah sesuai kompresi kendaraanpun, SETTINGAN SALAH, tetap gelitik !!.

Wahh…repot dong kalo settingan turut berperan ?? Ya emang demikian. Punya kendaraan ya harus tau juga cara pakai yang benarnya termasuk harus diapakan biar mesin makin prima. Bisa beli GAK BISA PAKE kan buang uang. Kalau tidak mengerti soal mesin, dapat diserahkan kepada mekanik yang berkompeten ( gak asal nyandang nama mekanik, tapi nyetting masih kacau ).

Masih berhub dengan gelitik…..

Apa kah sekali terdengar gelitik, suda pasti serba bbm ? NANTI DULU !.

  • Gelitik yang diakbatkan BBM cenderung merata ke seluruh RPM. Makin tinggi putaran mesin, semakin parah gelitik yang terjadi.
  • Sedangkan gelitik yang hanya ada di RPM TERTENTU misalnya bawah saja, atasnya tidak, atau tengah saja ( bawah atas tidak ), dll….. itu diakibatkan penyettingan mesin yang tidak memiliki KESEIMBANGAN TIMING pembakaran. Biasanya bisa diatasi dengan penyettingan kembali cdi/ecu.
  • Gelitik yang terjadi hanya di putaran atas bisa jadi karena timing pembakaran, bisa juga bbm sudah melewati batas kekuatan maksimal kompresi. contoh paling tepatnya, mobil kompresi 11 dikasi bbm oktan 92, bisa saja terjadi gelitik pada putaran atas karena kompresi mesin mobil memuncak. Oktan 92 tidak mampu mengatasi kekuatan kompresinya.
  • Gelitik yang terjadi padahal oktan dan kompresi kendaraan sudah sesuai, biasanya diakibatkan oleh kotoran kerak mesin yang sudah menebal atau settingan timing pembakararan terlalu maju, serta kadar udara berlebihan.
  • Gelitik yang terjadi sejak putaran bawah sampai atas padahal bbm sudah sesuai dan timing sudah benar sampai kondiri pengapian, mutlak disebabkan oleh kondisi bbm yang struktur kimianya buruk atau tidak sesuai spesifikasi kebutuhan kompresi mesin.

Salah satu ciri paling mudah melihat kondisi gelitik yang terjadi akibat bbm atau mesin adalah di performanya.

BBM yang tidak memiliki ketahanan terhadap kompresi, biasanya menyebabkan gelitik total seluruh RPM. Bila sudah menyebabkan gelitik total,MUSTAHIL mampu memberikan performa yang mantap, apalagi urusan irit bbm.

Bila performa kendaraan mantap dan gelitik terjadi hanya di rpm tertentu ( misalnya putaran bawah saja ) , sisanya ke atas mantap dan joss performa, biasanya akibat penyettingan timing belum merata atau kondisi pengapian tidak stabil ( misalnya koil/busi kadang kuat kadang lemah ).

Itu segelintir yang berhub dengan gelitik. Semoga dapat membantu…..

Sumber Dave Heaven

Membuktikan Norival Bekerja Dengan Baik

Ribuan orang berterima kasih karena Norival telah memberikan efek terbaiknya bagi kendaraan mereka, namun yang lainnya masih ragu, takut, malah kebanyakan yang belum tahu. Melalui artikel ini, kami hanya ingin memberikan informasi cara membuktikan bahwa Norival bekerja sesaat setelah premium/solar kendaraan anda ditetesi Norival, yaitu:

  1. Sebelum menggunakan Norival, nyalakan mesin dan biarkan terus menyala tanpa digas. Catat posisi jarum pada RPM
  2. Matikan mesin, tambahkan Norival sesuai dosis pada tangki kendaraan.
  3. Nyalakan kembali mesin, dan dalam kondisi stasioner (tanpa digas), kembali perhatikan posisi jarum RPM.

Hampir semua pengguna yang mengamati, menemukan fakta bahwa RPM turun setelah menggunakan Norival. Ini menunjukkan bahwa mesin bekerja lebih santai dari biasanya. Mengapa demikian? karena minyak atsiri dalam Norival mengandung unsur pelumasan, sehingga Piston akan mendapat pelumasan tambahan dan bergerak lebih ringan dari biasanya.

Selanjutnya apa yang terjadi? Tergantung kondisi awal kendaraan anda.
Jika kendaraan anda terdapat banyak kerak di kepala piston:

  1. Norival akan bekerja melunakan kerak tadi dan berikutnya mengeluarkannya lewat knalpot. Untuk usaha ekstra ini, menyebabkan efek samping sementara, berupa knalpot keluar asap agak hitam, berbau lebih menyengat, ada serbuk karbon halus, ada juga cairan sulfur. Dan biasanya tarikan gas agak tersendat, bensin mungkin lebih boros.
  2. Biasanya setelah pemakaian ke3, kondisi lebih baik karena sebagian besar kotoran sudah dibersihkan. Akibatnya tarikan makin ringan, tenaga lebih kuat, knalpot tidak berasap dan tidak menyengat. Dan satu hal lagi, anda akan tercengang mendapati penghematan yang lumayan tinggi, rata-rata 20-40%, bahkan bisa lebih dari itu. Apalagi kalau asalnya menggunakan pertamax plus, kemudian beralih ke premium + Norival platinum/titanium, maka penghematan bisa lebih dari 60%, luar biasa bukan?

Sedangkan bila kendaraan anda lebih terawat, tanpa kerak karbo di kepala piston, maka di pengisian ke2, anda akan merasakan efeknya.

Ada customer kami yang bertanya setelah mampu meningkatkan efisiensi bensin dari 1:4,3 (shell super) menjadi 1:6 (premium + Norival Titanium), mengapa Norival bisa sehebat itu? Ini beberapa diantara jawabannya:

  1. Nilai oktan terpenuhi, sehingga pembakaran akan lebih sempurna. Selain tenaga yang besar, sisanya hanya CO2 dan H20.
  2. Pelumasan di ruang pembakaran akan menyebabkan piston lebih ringan pergerakannya.
  3. Efek kaporit mampu mengendapkan kotoran ke dasar tangki, sehingga yang masuk ke mesin hanya bensin yang bersih tanpa mengotori saringan bensin. Konsekwensinya hindari penggunaan bensin sampai RES, dan bagusnya 6 bulan sekali, atau paling telat setahun sekali kuraslah isi tangki untuk mengeluarkan kotoran itu.
  4. Pemakaian jangka panjang, kerak karbon akan semakin tipis, sehingga performa mesin akan lebih baik.

Mengapa orang takut menggunakan Norival? Alasan terbanyak adalah tidak ingin mesin mobilnya rusak akibat pemakaian Norival ini. Berikut beberapa hal yang ditakutkan sehubungan dengan ini:

  1. Takut Norival merusak mesin. Saat anda memakai Norival, mungkin tangan akan kena dan cukup dibilas air, maka akan bersih seketika. Logikanya kulit kita saja aman saat menyentuh Norival, apakah mesin yang terbuat dari logam akan rusak oleh Norival? Selama satu setengah tahun perjalanan Norival, belum ada kasus mesin rusak akibat Norival.
  2. Ditakutkan Norival mengandung getah yang membuat bensin lengket dan merusak Fuel Pump. Minyak atsiri memang mengandung getah, namun Norival sudah melalui proses degguming sampai pada level terendah yang tidak berbahaya. Untuk membuktikannya lihatlah fisik Norival yang bening tanda tidak mengandung getah, dan coba pegang bensin yang sudah dicampur dengan Norival, apakah terasa lengket?

Ambillah seliter premium dan masukkan ke dalam gelas, kemudian masukkan 2 tetes Norival ke dalamnya. Norival akan langsung bersenyawa dengan premium tersebut dan memperbaiki struktur hidrokarbon di dalamnya, sedemikian rupa sehingga setelah ditetesi akan meningkat kualitasnya menjadi pertamax atau pertamax plus. Sudah banyak yang membuktikan hal ini. Sekarang, apakah kendaraan anda akan rusak seandainya bensin yang sudah selevel pertamax itu dimasukkan ke dalam kendaraan anda? Norival hanya meningkatkan kualitas bensin anda dan bukan mengutak-atik mesinnya, sehingga aman digunakkan untuk kendaraan anda.

norival titanium

Satu-satunya Kekurangan Norival

Banyak orang ternyata yang mencari kekurangan Norival, sama seperti yang saya lakukan saat pertama mendengar produk ini. Browsing sana sini, dan harus kecewa, karena tidak ada orang yang menulis tentang kekurangan Norival ini. Tapi, ternyata memang ada lho, ga percaya? Saya menemukan satu-satunya kekurangan Norival, lanjut bacanya gan …

Sebelumnya saya gunakan pertamax plus, karena spesifikasi mobil saya memang mengharuskan penggunaan dari pertamax plus ini. Dan dengan menggunakan premium + Norival Titanium, sebetulnya telah terjadi penghematan yang luar biasa, dari 9.700 ke 5.000. Selain itu juga nilai oktan naik, nilai kalor naik, ada katalis suhu, dan efek kaporit. Tapi ada satu hal yang tidak ditambahkan oleh Norival itu, dan ini yang merupakan satu-satunya kekurangan Norival, yaitu nilai kesabaran. Maka begitu BMW X5 dengan 225hp tarikannya makin enteng, responnya makin cepat, tenaga makin kuat, alhasil nginjek gasnya juga makin kenceng. Nah pola ini justru yang berbeda sebelum dan sesudah pake Norival. Jadi sekali lagi, kekurangan Norival adalah tidak menambahkan nilai kesabaran, he3….

x5

Seandainya nilai kesabaran ini naik, atau minimal pola nyetir sebelum dan sesudah pake Norival konstan, maka saya yakin penghematan 20-40% itu bisa tercapai, 3 orang yang saya kasih tester sudah membuktikan secara empiris nilai penghematannya yang berkisar 15%-25% pada penggunaan awal. Sedangkan saya sendiri, karena pola nyetir yang berubah drastis, efek penghematan itu belum terasa. Dan katanya, ada juga kasus yang justru pada pemakaian awal-awal malah boros dulu. Tapi bagaimanapun juga, Norival telah menekan biaya operasional kurang lebih 50%, dan ini sangat berarti. Jadi saya tidak akan komplen dengan kekurangan Norival yang satu tadi… Terima kasih Norival 🙂

Penghemat BBM Mobil Chevrolet Aveo LS 1.5 M/T

Penghemat BBM Mobil Chevrolet Aveo LS 1.5 M/T

Apakah pada kendaraan anda tarikan berat padahal tenaga payah?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

Penghemat BBM Mobil BMW 318i tahun 1999 – 2004

Penghemat BBM Mobil BMW 318i tahun 1999 – 2004

Apakah pada kendaraan anda kehilangan tenaga secara drastis saat jalan menanjak, membawa beban berat atau saat top speed?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

Penghemat BBM Mobil Toyota 86 Aero A/T

Penghemat BBM Mobil Toyota 86 Aero A/T

Apakah pada kendaraan anda kehilangan tenaga secara drastis saat jalan menanjak, membawa beban berat atau saat top speed?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

Penghemat BBM Mobil Suzuki APV Arena GL 1.5 M/T

Penghemat BBM Mobil Suzuki APV Arena GL 1.5 M/T

Apakah pada kendaraan anda kehilangan tenaga secara drastis saat jalan menanjak, membawa beban berat atau saat top speed?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

Penghemat BBM Mobil Honda Accord VTI 2.4 A/T

Apakah pada kendaraan anda terjadi pemborosan padahal harga bensin semakin hari semakin tinggi?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

Penghemat BBM Mobil Ford Fiesta Sedan Trend 1.4 M/T

Apakah pada kendaraan anda terjadi pemborosan padahal harga bensin semakin hari semakin tinggi?. Jika ini terjadi, harus kita waspadai, karena pasti ada yang tidak beres dengan kendaraan kita. Jika tidak, selain setiap hari masalah itu datang, tentunya untuk jangka panjang bisa menimbulkan kerusakan yang akan menguras isi dompet anda.

Sekarang muncul pertanyaan kedua, mengapa hal di atas bisa terjadi pada mobil anda? Analoginya sebetulnya sama dengan tubuh manusia. Mengapa manusia sakit, lemah, lesu, loyo? Faktor utamanya adalah makanan yang masuk ke dalam tubuhnya. Jika kendaraan juga begitu, pasti asupan bagi kendaraan tersebut, atau bahan bakarnya yang tidak sesuai dengan kebutuhan mesin mobil kita. Untuk mengobati bahkan menghindari kerusakan atau gejala pada mobil kita seperti di atas, berikanlah hanya BBM berkualitas.

Continue reading

penghemat bbm

BBM Naik, Norival Solusi Penghemat BBM

penghemat bbmSejak tanggal 23 Juni 2013, telah terjadi kenaikan pada bensin premium menjadi Rp. 6.500,- / liter (naik Rp. 2.000,- atau 44,44%). Sedangkan solar menjadi Rp. 5.500,- / liter (naik Rp. 1.000,- atau 22,22%). Untuk menekan kenaikan ini, salah satu artikel di detik menyoroti bahwa Bensin Mahal, Octane Booster jadi incaran sebagai penghemat BBM. Ya tentu sangat wajar, karena kenaikan ini cukup significant, yang akhirnya banyak rakyat yang terbebani. Cuma kesimpulan dari artikel tersebut adalah bahayanya memakai Octane Booster, terutama untuk lingkungan dan kendaraan itu sendiri. Betulkah setiap penghemat BBM seperti itu adanya?

Octane Booster yang hari ini terkenal sebagian besar termasuk jenis non-oxygenate, yang merupakan campuran beberapa unsur logam (organometallic) yang bisa meningkatkan nilai oktan. Adapun, beberapa unsur logam tersebut di antaranya terdiri dari besi (Fe), timbal (Pb), dan mangan (Mn). Sudah gitu, sebagian besar dikatakan bahwa Octane Booster ini adalah import dari luar, dengan harga Rp. 50.000,- sampai Rp. 70.000,- hanya untuk mencampur 60 liter bensin. Ini berarti sudah mahal, import dari luar, merusak mesin dan juga mencemari lingkungan, sangat lengkap jeleknya, hehehe…Continue reading