Sayangi Cakram Motor Anda

Setelah hampir 1 tahun berdagang produk Elig (kampas rem, kampas kopling / kopling ganda), jadi semakin percaya bahwa produk ini memang sangat berkualitas dan suatu saat akan booming. Tanda ke arah sana semakin jelas, order yang masuk setiap hari meningkat terus 🙂

Ada yang bertanya: “mengapa harga kampas rem Elig ini 2x lipat dibandingkan yang ori?” Untuk type motor bebek, memang rata-rata harganya di atas ori, tapi untuk motor laki, sampai motor sport, harga kampas rem Elig ternyata jauh di bawah harga ori. Katakan saja untuk kampas rem depan Honda CBR 250 ABS, harga ori di atas 800rb, tapi harga kampas rem Elig hanya 250rb (standard) dan 350rb (sport).

Jawaban pertama dari pertanyaan di atas adalah “Karena kualitasnya di atas ori“. Tapi kadang jawaban ini terlalu resmi dan agak jauh dari yang diharapkan orang. Maka disusul dengan 2 jawaban berikutnya yang saya alami selama hampir setahun berjualan kampas rem Elig ini.

Yang pertama adalah keawetannya yang mencengangkan, karena bisa 2-3x awetnya dibandingkan kampas rem ori. Pada bulan January 2016, iseng-iseng saya membuka kembali data-data penjualan Elig sejak penglaris pada 30 April 2015. Setelah ditelusuri, ko belum ada pembeli yang membeli produk yang sama, tapi dari mereka yang sudah beli ditemukan juga membeli produk lain yang berbeda, entah itu beli depan lalu belakang atau beli untuk produk motor yang lain. Penasaran juga ko mereka ga beli-beli lagi produk yang sama, padahal kan sudah 9 bulan dibeli dan dipake.

Karena penasaran, akhirnya 10 pembeli pertama saya tanyakan via SMS, dan ternyata 7 diantarnya membalas dengan jawaban hampir sama, yaitu kampas masih awet dan terpasang. Berikut 4 diantaranya (bisa dikroscek kalau ga percaya hehe):

testimoni kampas rem elig
testimoni kampas rem elig
testimoni kampas rem elig
testimoni kampas rem elig

Jawaban kedua dari pertanyaan di atas adalah kampas rem Elig tidak makan cakram. Ini memang jangka panjang, tapi tetap harus diperhatikan, mengingat harga cakram bisa 3-4x harga kampas rem ori. Pengalaman saya sendiri di motor Athlete yang saya pake sehari-hari. Dalam kondisi cakram yang hampir sama (depan belakang ada sedikit gelombang), saya pake kampas rem Elig untuk cakram belakang, sementara yang depan masih ori-nya karena masih tebal. Berselang beberapa bulan, perbedaan mulai terlihat, cakram belakang halus walaupun warna agak belang-belang (hitam putih), sementara cakram depan didominasi warna putih, cuma terjadi gelombang. Ternyata bahan keramic organic dari Elig, yang disertai taburan tembaga masuk dan menutup cakram secara merata, sehingga benar-benar mulus kondisi permukaannya, dan ini tidak terjadi dengan kampas rem di cakram depan.

cakram pake elig

Seminggu lalu, di motor tersebut terdengar bunyi cuit-cuit, setelah dibengkel ternyata datang dari ban depan, tepatnya dari cakram yang posisinya mulai membengkok dan mekanik bilang kalau mau aman harus ganti cakramnya. Wah terlambat menyadari, gara-gara mempertahankan kampas rem bawaan yang masih tebel, cakram yang jadi korban dan harus ganti. Akhirnya ganti seharga 250rb berikut pasang. Sementara yang belakang aman sentosa karena sudah dipasang kampas rem Elig seharga 80rb.

Jadi silakan dikalkulasi, mending yang mana:

  1. Tiap 3 bulan ganti kampas rem seharga 40rb, akhir taun ganti cakram. Total = (4 x 40rb) + 250rb = 410rb.
  2. Minimal tiap 6 bulan ganti kampas rem Elig seharga 80rb, akhir taun ga usah ganti cakram, orang masih bagus dia, total biaya = 2 x 80 = 160rb.

Wow, selisihnya 250rb gan… lumayan lah bisa nabung buat anak. Ini contoh perhitungan athlete, coba kalau Ninja, CBR dll, katanya cakramnya 1,8jt hehe… Jadi mending mana? Elig dengan kualitas di atas ori, awet 2-3x dan tidak makan cakram, layak jadi pilihan 🙂

Jika ingin tau produk Elig sesuai motor anda, boleh dilihat dimari gan:

Motor Anda: BajajHondaKawasakiKymcoSuzukiSYMTVSVespaYamaha

Motor Anda: ApriliaBenelliBimotaBMWCagivaDucatiHarley DavidsonKTMMV Augusta

Jika berminat, info lebih lanjut via SMS/WA di 0815 11111 391 (Dadan) atau add pin BB: Norival. Insya allah dijelaskan sejelas-jelasnya 🙂

Posted in Elig and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.