Mobil Avanza/Xenia Anda Ngelitik? Ini Solusinya

Setelah baca-baca tentang penggunaan mobil Avanza/Xenia, ternyata keluhan yang paling banyak adalah adanya bunyi ngelitik pada bagian mesin. Awal penggunaan memang tidak terdengar, tapi setelah 3 tahun, pasti bunyi itu muncul. Mobil Avanza/Xenia anda juga begitu? Berikut salah satu trik yang sudah banyak digunakan dan terbukti ampuh.

Memang banyak hal yang membuat mobil itu ngelitik, salah satunya adalah kurangnya nilai oktan dari bahan bakar yang digunakan. Sebagai informasi, nilai oktan untuk premium adalah 88, pertalite 90, pertamax 92 dan pertamax plus 95. Data itu baru “katanya”, toh kita ga lihat hasil labnya kan. Tinggal sekarang kita lihat Avanza dan Xenia itu perlunya oktan berapa

Tips Supaya Mesin Avanza atau Xenia Awet

Biasanya, mobil dengan cc besar berbanding lurus dengan tenaga yang juga besar, sehingga tidak diperlukan kompresi yang terlalu tinggi. Misalnya saja mobil saya dengan 3000cc, tenaga kudanya sudah 225 HP, dan ternyata kompresi rendah-rendah saja yaitu 10,2 : 1. Malah untuk varian yang 4400cc, rasio kompresi hanya 10 : 1. Berbanding terbalik dengan itu, mobil dengan cc yang lebih kecil (di bawah 2000), untuk mendapatkan tenaga besar, biasanya disertakan rasio kompresi yang lumayan tinggi. Avanza dan Xenia ini, dengan cc terbesar 1500, ternyata kompresinya memang sangat tinggi yaitu 11 : 1. Padahal, jika mengacu pada tabel di bawah ini, kebutuhan oktan Avanza dan Xenia itu ternyata di atas 95 (lebih dari pertamax plus).

avanza ngelitik
Sedikit analogi tentang hal di atas, misalnya kita ingin menggunakan karet gelang untuk jepret lalat. Jika karet gelangnya tebel, cukup tarik dikit, jepret dan si lalat pasti tewas. Cuma kalau karetnya kecil, ditarik sedikit saja trus dilepas, hanya akan membuat si lalat ketawa kegelian, maka solusinya tariklah sekuat mungkin, maka ketika dilepas, efeknya sama dengan hal pertama tadi, yaitu pukulan yang cukup untuk si lalat tersebut, hanya saja, kalau bahan dari karet itu jelek, maka yang terjadi adalah putus duluan sebelum kita lepaskan. Demikian juga dengan mesin mobil. Kalau cc besar, kompresi ga usah terlalu tinggi, tapi kalau cc kecil, biasanya dilengkapi rasio kompresi yang tinggi sehingga tetap bertenanga, cuma masalahnya, kalau oktan dari bensin yang digunakan ternyata rendah, maka bensin itu akan meledak duluan sebelum busi memercikkan api.

Nah, jika anda pengguna Avanza/Xenia, dengan mobil anda sudah memiliki kompresi bawaan pabrik 11 : 1, apakah bahan bakar yang digunakan sudah memiliki oktan di atas pertamax plus, atau masih premium? Jika masih premium dengan oktan 88 sementara kebutuhan di atas 95, maka dapat disimpulkan cepat atau lambat mobil anda akan ngelitik. Memang di awal-awal bisa diakalin dengan memundurkan pengapian, tapi namanya juga akal-akalan, lama-lama ga akan bisa bertahan, masalahnya pembakaran yang tidak sempurna akan menciptakan kerak di mahkota piston mesin, dan ini akan semakin memperkecil ruang kompresi yang akibatnya akan memperbesar rasio kompresi mesin. Silakan dibaca materi terkait hal ini di sini.

Jadi idealnya, untuk mobil Avanza/Xenia, gunakanlah pertamax plus, hanya saja, sebagian orang justru tetap akan memilih premium, karena tujuan awalnya kan memang memilih mobil dengan harga terjangkau dan hemat. Maka jika anda putuskan tetap pake premium, coba ikuti ratusan pengguna Avanza/Xenia lainnya, yaitu dengan menggunakan Norival. Norival itu sudah lebih dari 5 tahun dan sejauh ini tetap dipercaya penggunanya tanpa komplen. Untuk Avanza/Xenia, bisa gunakan 2 type berikut:

Norival Drag Race:

  • Rasio kompresi mesin 9:1 – 11,5:1
  • Torsi besar (akselerasi cepat)
  • Lebih mantap di tarikan rendah (RPM bawah-tengah)
  • Lebih cocok untuk dalam kota (kondisi macet, stop and go)
  • Harga Rp. 100.000,- perbotol isi 12ml untuk 180liter atau Rp. 556,- perliternya
  • Dosis 1ml untuk 15liter premium, 22.5liter pertalite atau 30liter pertamax.

Norival Dragrace
Norival Drag Evo:

  • Rasio kompresi mesin 10:1 – 11,8:1
  • Torsi besar (akselerasi cepat)
  • Tenaga kuda mantap (top speed bertenaga)
  • Mantap di segala tarikan (RPM bawah-tengah-atas)
  • Cocok di segala medan (dalam dan luar kota)
  • Harga Rp. 130.000,- perbotol isi 12ml untuk 180liter atau Rp. 722,- perliternya
  • Dosis 1ml untuk 15liter premium, 22.5liter pertalite atau 30liter pertamax.

Norival Drag Evo

Jika ada pertanyaan seputar Norival ini (tpi bukan teknis tentang mobil ya, sy bukan mekanik hehe), bisa SMS/WA: 0815 11111 391 (Dadan). Atau jika sudah paham dan ingin langsung belanja, silakan bisa dengan cara berikut:

  1. Belanja online, silakan klik di sini.
  2. Untuk mencari agen terdekat, klik di agen Norival.
  3. Belanja di marketplace, silakan menuju: Bukalapak, Tokopedia, Lazada, Shopee

Semoga membantu.

Posted in Informasi and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.