penghemat BBM Norival

Mengapa Harus Penghemat BBM Norival?

Kalau kita coba perhatikan, ternyata banyak sekali jenis dari penghemat BBM itu. Mulai dari perangkat pemaksa udara masuk karburator, penambah cairan masuk udara/BBM, pemanas atau pendingin BBM, magnet atau logam yang disimpan pada saluran BBM, perangkat yang memperbaiki campuran udara dan BBM, modifikasi mesin, aditif BBM, aditif oli, perangkat menotifikasi pengendara untuk mengganti gigi, dan lain-lain.

Dengan melihat banyaknya cara dan alat penghemat BBM di atas, maka kita harus bisa memilih yang terbaik dan tentu saja efektif dalam penggunaannya. Karena tidak jarang, alat tersebut berharga lumayan mahal, padahal efek ke penghematan BBM kurang atau bahkan tidak terasa sama sekali, malahan berbahaya untuk mesin kendaraan yang kita gunakan.

Sebetulnya, produsen mobil dan motor dengan berbekal pengalaman yang cukup lama, mereka telah berhasil menciptakan mesin kendaraan yang semakin lama semakin baik, dengan menyertakan teknologi-teknologi terkini. Hanya sialnya, khusus untuk negara kita sendiri, kualitas bensin yang baik tergolong mahal untuk kalangan menengah ke bawah, sehingga beralihlah mereka menggunakan bensin subsidi yang harganya setengah dari harga bensin non subsidi. Akibatnya, tentu saja kualitas BBM yang digunakan tidak mencukupi terhadap spesifikasi yang telah ditetapkan oleh produsen kendaraan tersebut. Jadi, permasalahan utama dalam performa mesin dan keiritan BBM adalah kualitas dari BBM itu sendiri.

penghemat BBM Norival

Ada 2 parameter yang biasa digunakan untuk melihat kualitas BBM, yaitu Research Octane Number (RON) yang kadang disebut angka oktan, dan yang kedua Motor Octane Number (MON). Di Indonesia, parameter yang paling sering digunakan adalah RON atau angka oktan, dimana premium itu angka oktan 88 sedangkan pertamax 92 dan pertamax plus 95. Melihat parameter ini, premium ketinggalan 4 poin dibanding pertamax, dan 7 poin dibanding pertamax plus. Pada spesifikasi mesin kendaraan yang relatif baru, dengan ukuran mesin yang relatif tidak terlalu besar (1000 – 1600cc), biasanya meminta BBM dengan oktan minimal 92, bahkan 95. Tapi karena gap harga yang demikian tinggi, orang biasanya cuek untuk tetap menggunakan BBM dengan oktan 88. Akibatnya, tentu saja cepat atau lambat, mesin mobil akan ngelitik dan mengakibatkan penurunan performa pada mobil bahkan terjadi kerusakan pada komponen mesin terutama piston.

Bagi mereka yang peduli, tentu saja pertamax dan pertamax plus adalah pilihan terbaik. Namun, bagi yang kurang mampu, maka penghemat BBM inilah yang akan menjadi alternatifnya. Jika ukuran yang dipake adalah angka oktan, maka digunakanlah peningkat oktan. Apa sebenarnya angka oktan itu? Angka oktan itu adalah nilai titik bakar dari bensin, dimana semakin tinggi, maka bensin itu akan semakin kuat untuk menahan kompresi sehingga tidak terbakar dengan sendirinya. Dengan rasio kompresi mesin 9:1 saja, maka premium oktan 88 akan terbakar sendiri sebelum busi memercik. Lebih lengkap tentang ini, silakan lihat materi khusus tentang rasio kompresi.

Apakah sulit untuk menaikkan angka oktan? Jawabannya ternyata mudah, dan sebagian orang telah menerapkannya dengan sukses. Apa yang mereka lakukan? Taburkanlah kapur barus / kamper halus ke dalam premium, dijamin angka oktan akan meningkat secara significant. Dan karena angka oktan naik, otomatis pembakaran menjadi lebih sempurna, karena tenaga loss yang biasa terjadi saat ngelitik, bisa dihindari. Namun, ada 2 hal yang menjadi point kurang, yaitu keamanan bagi mesin kendaraan, karena lama kelamaan mesin akan aus juga terkikis partikel kapur barus, kemudian yang kedua, untuk kecepatan tinggi dengan beban berat, performa akan menurun, karena kapur barus hanya mampu menaikkan oktan tanpa mampu memberikan tenaga lebih terhadap kendaraan.

RON adalah parameter kualitas BBM saat diuji pada kendaraan dengan kecepatan rendah dan beban yang ringan. Sementara parameter lain yaitu MON diuji pada kendaraan dengan kecepatan tinggi dan beban yang berat. Nah sebenarnya, lebih real kalau kita gunakan MON sebagai acuan, seperti di Malaysia dan kebanyakan negara di Eropa. Sedangkan di Amerika, yang digunakan adalah AKI (Anti Knocking Index) yang merupakan rata-rata dari nilai RON dan MON. Ada sebenarnya peningkat kualitas BBM yang aman namun terbukti bekerja selama lebih dari 2,5 tahun dan teruji di PT Petrolab. Ya tentu saja peningkat kualitas BBM yang dimaksud adalah Norival.

Mengacu kepada salah satu hasil test labnya yaitu Norival Gold, mampu meningkatkan nilai oktan (RON) dari 88,7 menjadi 92,5. Selain itu, dia juga mampu meningkatkan nilai MON dari 79,5 menjadi 83,5. Selain itu, dari berbagai kandungan zat yang diuji, ternyata Norival tidak menambahkan kandungan timbal, getah maupun sulfur dari premium, sehingga penggunaan Norival tetap aman, karena unsur-unsur tadi berada dalam batas amannya. Nah inilah yang membedakan Norival dengan kapur barus tadi, yaitu keamanan penggunaannya dan Norival mampu memberikan performa walaupun pada kecepatan tinggi, medan menanjak dan beban yang berat.

Jadi kesimpulannya, untuk membuat kendaraan anda irit, namun tarikan terasa enteng, padahal tenaga besar, serta aman, maka gunakanlah Norival. Penghemat BBM Norival telah teruji pada ribuan orang pengguna setianya, selama lebih dari 2,5 tahun dan teruji di PT Petrolab dengan hasil yang memuaskan.

Posted in Informasi and tagged , .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.