tipe norival yang cocok

Memilih Tipe Norival Yang Cocok Untuk Kendaraan Kita

tipe norival yang cocokMungkin hampir 99% mobil yang beredar di negara kita adalah mobil buatan negara luar. Padahal, standar bahan bakar yang digunakan ya tentu saja mengikuti standard di negara tersebut, atau setidaknya mayoritas negara pengguna, dan tentu saja bukan premium atau solar standar seperti di negara kita. Ambil contoh kasus Avanza dan Xenia, mobil yang laris manis bak kacang goreng, yang salah satu alasannya adalah murah meriah. Ternyata kalau kita lihat data kompresi mesin kedua mobil tersebut adalah 11:1, dan ini tidak bisa ditawar lagi bahwa bahan bakar yang cocok minimal sekali adalah yang beroktan 95 atau pertamax plus. Ironis bukan, mobil murah tapi sebenarnya harus diisi dengan bensin termahal di negeri ini. Mengapa bisa demikian? Xenia dan Avanza adalah mobil dengan cc kecil yang ingin bertenaga besar menyaingi mobil-mobil cc besar dan design mesinnya adalah dibuat nyaman untuk dalam kota, yang kebanyakan macetnya, dan enak dengan menekan gas sedikit saja mobil sudah jalan. Dan ini semua diakalin oleh pabrikan Jepang tersebut dengan membuat rasio kompresi yang tinggi yaitu 11:1. Mungkin di negara luar, bensin sekelas pertamax plus sudah biasa dibeli orang, tapi sialnya di negara kita masih terasa sangat mahalnya bensin itu. Jadi mau ga mau, diisi premium saja, yang perlahan tapi pasti akan ‘membunuh’ mobil itu sendiri.

Jika kita lihat kebanyakan data rasio kompresi dari mobil atau motor yang beredar di negara kita, terlihat bahwa rata-rata di atas 9:1, yang memang didesain untuk diisi minimal dengan bensin beroktan 92 (pertamax). Lantas apakah bisa diisi dengan premium? Ya tentu saja bisa, toh selama ini juga kebanyakan isinya premium, cuma apakah ada efeknya, ya tentu saja. Premium itu bensin dengan titik bakar rendah (oktan 88), yang akan terbakar duluan di mesin dengan rasio kompresi di atas 9:1, sebelum busi memercik. Setelah disusul percikan busi, akibatnya tekanan maksimal terjadi saat piston masih menuju ke atas (titik mati atas), dan inilah yang kemudian disebut knocking (ngelitik), yang kalau dianalogikan seperti memukul-mukul pisau di atas piston tersebut, tapi bekasnya ga kelihatan, karena akan tertutup oleh kerak karbon sisa pembakaran tidak sempurna (karena pake bahan bakar tidak sesuai kompresi ini). Tapi kalau dibersihkan karbonnya, akan jelas terlihat rombengnya mahkota piston tersebut, yang mungkin saja akan membuat piston itu jebol. Nah biasanya kalau kita service di bengkel, untuk mengatasi ngelitik ini dan juga supaya tenaga ada, perbandingan bbm dan udara dibikin lebih basah. Memang tenaga sepertinya lebih besar dan untuk putaran rendah, ngelitik itu hilang, tapi tentu saja akal-akalan ini tidak akan lebih baik dibandingkan memberikan asupan bahan bakar dengan oktan sesuai kebutuhan mesin (berdasar rasio kompresi).

Memberikan asupan bahan bakar dengan angka oktan yang sesuai kebutuhan kompresi mesin, adalah hal yang paling bijaksana untuk kendaraan kita. Karena tanpa akal-akalan, pembakaran di dalam mesin akan menjadi sempurna. Akibatnya, tenaga maksimal sesuai desain mesin, sisa pembakaran hanya air dan CO2 (tidak ada gas beracun dan meminimalisasi kerak yang nempel di piston), mesin akan lebih awet. Apakah dengan premium mesin akan optimal? Salah satu solusinya ada pada Norival. Norival adalah solusi yang aman, terbukti dan teruji, dengan riset yang cukup panjang. Selama hampir 2 tahun, Norival telah memuaskan ribuan orang, karena kualitasnya yang semakin baik dan inovatif. Terbukti karena sudah digunakan ribuan orang dan puas, teruji karena sudah diuji secara independent di PT Petrolab. Yang mungkin jadi masalah sekarang, mana tipe Norival yang cocok untuk kendaraan kita?

Bagaimana cara memilih tipe Norival yang cocok untuk kendaraan kita? Untuk tipe harian, dimana medannya biasa, kemacetan ga terlalu parah (tidak terlalu banyak stop and go), bahkan cenderungnya bermain di kecepatan tinggi, maka gunakanlah tipe yang sesuai dengan kompresi mesin, yaitu Norival Silver, Gold, Platinum, Titanium dan untuk diesel gunakan Norival Diesel. Acuan rasio kompresi, silakan klik list rasio kompresi.

Jika kebanyakan berjalan di tengah kemacetan, jalan menanjak dan berkelok, perlu akselerasi di kecepatan bawah, maka tipe yang paling cocok adalah Norival Dragrace. Dinamakan dragrace karena semula disediakan untuk moment tertentu seperti balapan. Tapi ternyata Norival dragrace mampu meningkatkan torsi. Sehingga sekarang banyak juga digunakan untuk harian di medan yang disebutkan di depan.

Jika medan yang anda lalui adalah gabungan dari kedua medan di atas, maka ada 2 cara yang bisa dilakukan. Pertama adalah mencampur tipe biasa (Silver, Gold, Platinum, Titanium) dengan dragrace, dengan komposisi tetap (2 tetes untuk 1 liter, atau 1ml untuk 15 liter, dengan perbandingan 1:1, 1:2 atau bisa eksperimen sendiri perbandingannya, asal dosis tetap). Namun tips ini hanya berbagi torsi dan tenaga kuda, tapi keduanya ga akan terlalu optimal, karena dosisnya masing-masing berkurang setengah. Kalau ingin mantap bener untuk torsi dan tenaga kudanya, maka tipe terbaru Norival sangat bisa diandalkan, yaitu Norival Aggressor. Produk terbaru ini bisa diaplikasikan pada kendaraan bensin maupun solar, dan sudah dirasakan sensasinya oleh ratusan pengguna setia Norival. Mana tipe Norival yang cocok untuk kendaraan Anda? Silakan tentukan berdasarkan berbagai penjelasan di atas, dan terkadang harus eksperimen sendiri untuk mampu menentukan tipe Norival yang cocok untuk mobil atau motor kita.

Posted in Informasi and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.