Kalibrasi Injektor

Kalibrasi Injektor plus Norival Aggressor

Kalibrasi InjektorTentu anda bisa merasakan bedanya mobil baru dan mobil tua. Salah satunya adalah berat atau ringannya gas. Mobil baru tentu saja akan sangat ringan seakan tanda hambatan ketika pedal gas diinjak, tapi kalau mobil lama biasanya lebih berat seakan ada penghalang. Dan terus terang, kalau terus-terusan berat, lama kelamaan kecintaan kepada mobil kesayangan juga berkurang, malah sering jengkel kalau coba adu balap di jalanan dengan mobil kelas lebih rendah tapi mereka menang. Pernah dengar istilah kalibrasi injektor? Nah ini adalah salah satu solusinya.

Teknologi injektor pada mobil sudah dikenal sangat lama, mungkin sejak 1980 juga sudah ada, berbeda dengan teknologi injektor motor yang baru trend belakangan ini. Dan sepertinya mobil BMW sudah dibekali dengan teknologi ini, dibandingkan mobil lain yang masih ada yang karburator. Injektor ini berupa pipa sangat kecil (sebesar jarum), dan jumlahnya sesuai dengan silindir mesin mobil. Injektor ini digunakan untuk menyemprotkan bbm ke ruang pembakaran. Karena ukurannya yang sangat kecil, maka dia rentan sekali akan penyumbatan oleh partikel lain. Dan kalau sudah tersumbat, jelas ini akan mengganggu terhadap kinerja mesin secara keseluruhan.

Mengapa injektor ini bisa tersumbat? Faktor utama dan terutama adalah kurangnya perawatan secara intensif. Salah satu yang terpenting saat service adalah mengecek saringan bensin. Karena jika saringan bensin kotor dan tidak kita ganti, maka kotoran yang menempel di saringan bensin itu akan terdorong untuk masuk ke dalam injector. Tentu saja kotoran dengan ukuran mikron saja yang bisa masuk sebenarnya, cuma kalau sudah menahun, ukuran 5 – 10 tahun atau lebih, maka ukuran mikron juga akan menjadi berarti untuk menghambat laju bensin di dalam injektor tersebut.

Faktor kedua, yang juga ga bisa disepelekan adalah kualitas dari bahan bakar yang digunakan. Tidak peduli apakah bensin subsidi atau bukan, kalau SPBU-nya jorok, jarang kuras penampungan BBM, sedikit banyaknya kotoran akan berkumpul di sana, yang pada akhirnya bisa juga masuk ke dalam tangki mobil kita. Di dalam tangki mobil, lama kelamaan konsentrasinya lumayan juga, dan kalau saringan bensin kotor dalam waktu lama, maka akhirnya tersumbatlah injektor tersebut. Harga injektor itu sekitar 1,2jt dan kalau 4 silinder saja sudah hampir 5jt diluar ongkos.

Bagaimana solusinya supaya injektor ini tidak tersumbat? Ada 2 solusi yang baru saya lakukan:

  1. Kalibrasi injektor. Tidak semua bengkel menyediakan layanan ini, dan ternyata juga cara mekanik berbeda-beda jika layanan ini disediakan. Saya sendiri kemarin service di Bandung untuk kalibrasi ini. Harga sekitar 600rb untuk 4 silinder. Waktu pengerjaan sekitar 6 jam. Dan ternyata benar saja, ‘obat khusus’ yang digunakan mekanik berubah dari kuning menjadi hitam, saking banyaknya sumbatan yang ada di jalur injektor tersebut. Penggunaan ‘obat khusus’ dan cara khusus ini katanya sangat membuat konsumen puas, termasuk saya. Silakan hubungi saya untuk info lebih lanjut.
  2. Setelah dilakukan kalibrasi injektor, gunakanlah BBM berkualitas. Dalam konteks ini bukan masalah subsidi atau tidaknya, tapi pilihlah SPBU yang bersih. Rata-rata SPBU baru BBM-nya bersih, tapi kalau sudah berumur, akan lebih kotor. Cuma kalau kondisi darurat, misal bensin sudah habis saat keluar kota, dan cuma ada SPBU satu-satunya, ini akan menjadi dilema. Nah solusinya gunakanlah Norival, karena Norival ini punya kerja mirip dengan kaporit, yaitu mengendapkan kotoran yang ikut masuk ke dalam tangki mobil. Kalau partikel ukuran besar, pasti akan mengendap, nah Norival mampu mengendapkan kotoran dalam ukuran mikron. Tapi konsekwensinya, lama kelamaan akan terjadi banyak endapan di dasar tangki, maka hindari kondisi res dan kuraslah tangki bensin minimal 1 tahun sekali untuk membersihkannya.

kalibrasi injektor mobil

Mobil 318 E46 tahun 1999 saya sekarang kembali enteng, ditambah Gahar-nya tenaga yang dihasilkan oleh Norival Aggressor, membuat mobil seakan baru lagi, padahal umurnya sudah 15 tahun nih di 2014 ini. Dan kecintaan terhadap mobil pun dapat dipertahankan, karena luar dalam bisa memuaskan penggunanya.

Posted in Informasi and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.