Jangan Tertipu Harga, Pilih BBM Berkualitas

Mungkin kita amati bersama dalam beberapa bulan terakhir, dimana harga BBM naik turun. Ini tidak lepas dari harga minyak dunia yang menukik tajam, biasanya hampir $150 / barel sekarang ini menjadi $46 / barel. Alhasil, walau sekarang BBM sudah TANPA SUBSIDI, harganya menjadi cukup murah. Tapi entahlah ke depan, masalahnya kan yang namanya minyak bumi adalah energi yang tidak terbarukan, pastinya suatu saat akan menipis dan harga kembali melambung tinggi.

No RivalUntuk kondisi sekarang, bensin berwarna biru menjadi lebih ‘terjangkau’, walaupun masih sekitar 1.500,- lebih mahal ketimbang premium. Apakah ini waktunya untuk beralih ke pertamax dan mendapatkan kualitas terbaik dengan pilihan harga yang lebih mahal? Jika dibandingkan dengan premium saja, jelas kualitas pertamax di atas premium, tapi secara jujur dan fakta yang empiris, campuran BBM + Norival jelas masih di atasnya. Jadi pengguna setia Norival jangan tertipu harga. Ingat kualitas tidak selalu ditentukan oleh harga, kalau lebih mahal ternyata kualitas tidak sebanding, kita akan mengalami kerugian 2x tentunya.

Berikut beberapa alasan mengapa Norival tetap sangat diperlukan untuk mobil anda:

  1. Semua orang tahu kalau pertamax memiliki RON 92 (entah kalau dites di lab). Dan ini artinya pertamax hanya cocok secara angka oktan untuk kendaraan di bawah rasio kompresi 10:1. Bagaimana kalau rasio kompresi di atas 10:1 bahkan sampai 12:1 ? ya tentu saja tidak akan cukup menahan suhu dan tekanan kompresi, sehingga bukan mustahil kembali ngelitik seperti kalau pakai premium murni. Dan sialnya, hampir semua kendaraan baru memiliki rasio kompresi di atas 10:1. Bahkan Xenia dan Avanza yang dikenal mobil sejuta umat, rasio kompresinya 11:1. Jadi harap diingat, pertamax dengan oktan 92 hanya cukup menahan mesin dengan rasio kompresi 10:1, di atas itu, NORIVAL yang akan menolong anda 🙂
  2. Apakah oktan (RON) itu satu-satunya parameter kualitas bensin? tentu saja tidak. Di luar negeri, orang lebih mengenal MON (Motor Octane Number), sedangkan di Amerika dan Kanada adalah AKI (Anti-Knock Index). Lalu apa beda ketiga parameter kualitas bensin ini? Berikut penjelasannya:
    • RON: parameter kualitas bensin yang diuji pada kondisi terkontrol, dengan variabel rasio kompresi pada kecepatan rendah (RPM 600) dengan beban yang ringan.
    • MON: parameter kualitas bensin yang diuji pada mesin yang sama dengan RON, hanya pada kecepatan tinggi (RPM 900) dan beban yang berat.
    • AKI: (RON + MON)/2

    Nah dari informasi tersebut di atas, kalau kita terpatok pada RON (yang di kita sering disebut oktan) dengan mengabaikan MON, maka bensin hanya akan berkualitas pada kecepatan rendah serta beban ringan, sementara kalau sudah dipacu di kecepatan tinggi, dengan beban yang berat apalagi medan menanjak, maka kendaraan masih tetap terasa loyo.

  3. Apakah kebersihan dari SPBU dijamin? Apalagi tentu kalau kita ke luar kota dan hanya menemukan SPBU kecil. Kalau kebersihan SPBU itu kurang, bisa jadi kualitas BBM pun menurun drastis. Bisa saja bercampur lumut, jamur dll.Nah Norival memiliki cara untuk mengatasi masalah ini. Kotoran-kotoran yang ikut masuk ke tangki, akan dihancurkan oleh Norival dan ikut di bakar di ruang bakar untuk kemudian dibuang lewat knalpot. Sehingga para pengguna Norival banyak menemukan kalau tangki bensin mereka bersih walaupun kadang isi BBM di SPBU yang kurang terawat.

Anda yakin bensin mahal RON dan MON-nya tinggi? silakan dibuktikan sendiri. Norival Gold yang levelnya biasa, mampu meningkatkan kualitas premium dari RON 88 ke 92,5 (4,5 poin) dan MON 79,5 ke 83,5 (4 poin). Padahal masih ada beberapa type Norival yang levelnya di atas Norival Gold. Jika hasil pembuktian anda merasa kurang dengan tenaga pertamax, silakan tambahkan Norival terhadap pertamax dengan dosis setengah dari campuran premium.

Kesimpulannya, kalau ingin kualitas BBM benar-benar meningkat, gunakan Norival, baik untuk premium ataupun pertamax, karena Norival mampu meningkatkan RON maupun MON sekaligus. Norival sudah digunakan ribuan orang lebih dari 3 tahun dan teruji di PT Petrolab. Selamat mencoba 🙂

Posted in Informasi and tagged , , .

One Comment

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.