fitur defogger

Fitur Defogger Pada Mobil Anda

Bagi Anda konsumen mobil yang baru pertama kali, mungkin masih bingung dengan adanya tombol yang mempunyai ikon seperti embun. Apakah gunanya tombol tersebut?

Ketidaktahuan akan fungsi tombol tersebut tidak saja dialami oleh para pengemudi mobil pemula namun untuk yang sudah menggunakan mobil sebagai kendaraan sehari-hari selama beberapa tahun mungkin masih sedikit bingung akan fungsi defogger.

Defogger ini terbilang penting, terlebih sekarang sudah memasuki musim hujan dan suhu lingkungan bisa menjadi lebih rendah, maka kerap timbul embun (kondensasi) pada kaca depan atau belakang.

fitur defogger

Fungsi dari defogger ini sebagai penghilang hasil kondensasi tersebut, karena perbedaan suhu dalam dan luar mobil. Defogger ada dua jenis, dengan udara dan elektrik.

Hampir semua mobil modern, untuk menghilangkan embun pada kaca depan memanfaatkan udara yang dihembuskan dari ventilasi di bagian dashboard. Menggunakan kipas dan yang juga digunakan untuk pengatur suhu kabin mobil.

Sedangkan model elektrik banyak dimanfaatkan pada bagian kaca belakang. Bisa Anda lihat ada garis-garis pada kaca belakang, itu adalah defogger elektrik yang memanfaatkan semacam kawat sebagai penghantar energi listrik/panas.

Khusus defogger bagian belakang harus dijaga agar jangan sampai ada yang terputus garis kawatnya karena sangat tipis. Defogger akan mengalirkan listrik dengan suhu hangat, jadi tidak berbahaya jika terkena penumpang.

Simbol defogger untuk kaca depan adalah seperti seperempat lingkaran dengan simbol tanda panah berbelok dari bawah. Sedangkan defogger untuk kaca belakang berbentuk kota dengan tanda panah berbelok dari bawah. (Sumber: Detik)

Posted in Informasi and tagged .

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.