Pengujian Produk | Norival - Penghemat BBM Mobil dan Motor Pengujian Produk – Norival – Penghemat BBM Mobil dan Motor

Pengujian Produk

  • Home
  • /
  • Pengujian Produk

Beberapa Pengujian Produk Norival:


Pengujian Norival oleh PT Petrolab

Premium Murni (No. 00112/BBM/SO/03/13)

No Lab: 00138/F/13
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 88,7
Motor Octance Number (MON): 79,5

Hasil lengkap test ini:

Pengujian Premium - Petrolab

Premium + Norival Gold (No. 00114/BBM/SO/03/13)

No Lab: 00140/F/13
Tgl Analisis: 21 – 28 Maret 2013
Research Octane Number (RON): 92,5
Motor Octance Number (MON): 83,5

Hasil lengkap test ini:

Hasil test premium+gold oleh Petrolab

Penjelasan Hasil Uji :

  1. Peningkatan signifikan dengan 2 tetes per liter BBM Premium menunjukkan peningkatan angka Ron dan MON.
  2. Angka MON sangat penting karena berpengaruh pada kekuatan putaran tinggi dimesin. Nilai RON yang tinggi tidak cukup untuk memastikan mesin bekerja dengan baik pada putaran tinggi.
  3. Nilai GUM / Getah tetap stabil ( tidak bertambah ) dibawah parameter normal. Bila nilai GUM melebihi nilai Typical ( 5 ), akan membuat BBM sangat lengket dan sulit terbakar. Ujung2nya lebih berpotensi menimbulkan kerak karbon. Minyak atsiri Norival sangat berkualitas dan telah melewati proses Degumming. Dosis yang kecil (2 tetes pe liter), juga sangat membantu menjaga kebersihan BBM.

Selalu gunakan Produk Norival pada kendaraan anda agar performa tetap mantap dan kualitas BBM meningkat. Performa yang baik berawal dari BBM yang baik.


Pengujian Norival Oleh TABLOID MOTOR PLUS

Banyak beredar peningkat oktan bensin. Katanya mampu menghemat 30-40%. Katanya lagi, dengan menambah aditif ke bensin jenis Premium bisa seperti Pertamax, atau Pertamax bisa jadi Pertamax Plus.

Merasa tak yakin, coba dilakukan pengujian. Apa benar bisa hemat bensin atau malah tambah boros. Diambil sample 1 produk peningkat oktan model cair merek Norival Energy Fuel Enhancer tipe G (Gold). Seharga Rp 45 ribu, tiap 1 botol kecil isi 12 ml terkandung minyak atsiri murni. Diteteskan ke bensin dengan perbandingan 1 ml untuk 15 liter, atau 2 tetes untuk 1 liter.

Tes menggunakan Dynojet 250i milik Aero Speed di Jl. H Nawi Raya, No. 74, Jakarta Selatan, telepon (021) 7201190. Menggunakan Yamaha Scorpio 2005 karbu PE 28. Pilot-jet 55 dan main-jet 115.

Running pertama hanya Premium. Daya yang didapat 17,21 HP, tapi di rpm bawah, grafik power pertama alami penurunan karena campuran bahan bakar terlalu kaya. “Tapi, di rpm 5.500, grafik AFR berada di 1 : 14,” terang Mohamad Yuda alias Gendung sebagai operator Dynotest.

Kondisi campuran ideal 1 : 14,7. Artinya 1 molekul bensin terbakar tuntas dengan 14,7 molekul udara. Namun realnya supaya motor adem dan awet pasnya 1 : 13. Lebih banyak bensin.

pengujian norival oleh tabloid motorplus
Tes kedua, campuran bensin dan aditif dimasukkan ke tabung khusus agar takarannya jelas. Tabung diisi Premium 500 ml dicampur 1 tetes cairan Norival Gold.

Motor kembali dites dan hasilnya power alami kenaikan jadi 17,59 HP. Bahkan grafik AFR menuju titik 1 : 13,5. Menandakan campuran jadi basah atau kaya bensin, spuyer minta dikecilin. Menggunakan aditif jadi lebih irit, asal spuyer dikecilin 1 step. Atau minimal harus seting setelan angin. Supaya tidak terlalu kaya bensin yang berakibat malah boros dan berkerak.

Terakhir, tes Pertamax murni. Hasilnya, di putaran bawah grafik AFR menunjukan masih terlalu kaya, namun terus melonjak mendekati perbandingan ideal. Dan power yang didapat 17,65 HP atau 0,06 HP lebih kecil dari Premium yang ditetesi cairan. Tapi, angka ini sangat kecil Bisa dikatakan bias. (motorplus-online.com)
Penulis : Panji | Teks Editor : KR15 | Foto : Dok.motor Plus (Sumber: tabloid motorplus)

Untuk pengujian yang lain, silakan kunjungi link ini.

Dynotest – BAJAJ Pulsar 220

“Dgn Norival Gold, Performa Bajaj Pulsar 220 Naik Drastis”

Data & spesifikasi unit kendaraan yang diuji:
Nama pemilik: Dave
Merek/Tipe: BAJAJ PULSAR 220
No Polisi: B 3259 THR
Tahun Perakitan: 2011
Modifikasi: Knalpot ABBYS, Mj (main Jet) naik 1 step dari 115 menjadi 118.
Jenis BBM: Premium
Tipe Norival EFE: Gold
Dosis yang digunakan: 2 tetes / Ltr

Berdasarkan record sebelumnya,dengan menggunakan BBM Premium, Bajaj pulsar 220 – B3259THR mendapatkan hasil:18.4dk.Pengetesan selanjutnya dilakukan pada tanggal 11-11-2011,hasil dyno test menunjukkan peningkatan menjadi:

Pengujian Norival Gold - BAJAJ Pulsar 220
Max Power: 19.587dk/8557RPM

Max Torque:18.131nm/6962RPM.
( klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )

Lokasi: Rextor – Dynamo Meter: Global Dyno, Roller Inertia: 1.5

Pada tanggal 1 Maret 2012 dilakukan uji Dyno Test kembali di tempat dengan kendaraan yang sama, tanpa dilakukan penyetingan ulang, dengan hasil:

Pengujian Norival Gold - BAJAJ Pulsar 220
Max Power: 20.271dk/8471RPM
Max Torque:18.648nm/7234RPM

( klik pada gambar untuk melihat lebih jelas )

Kondisi dyno kedua termasuk BELUM MAKSIMAL menurut sang pemilik, Hal ini dikarenakan kondisi mesin belum sempat mengalami perawatan berkala: Klep sedikit renggang dan rantai kendur. Namun hasil uji yang didapat tetap memuaskan sang pemilik. Pemilik motor sangat yakin performa motornya akan meningkat jauh setelah service dilakukan.

Kesimpulan: Hasil uji ini menunjukkan produk Norival Energy fuel Enhancer dapat memberikan perawatan secara berkala dengan memaksimalkan kinerja mesin, seiring dengan penggunaannya. Busi berwarna merah bata cerah menunjukkan pembakaran maksimal & performa motor meningkat walaupun masa servis berkala terlewatkan.

Sumber: Norival.


Pengujian Suzuki Satria FU 150

Pengujian Norival Silver

Nama : Andrew
Motor : Suzuki Satria FU 150

Tahun : 2004

Kondisi Motor :
  1. Belum Pernah service besar.
  2. Performa terasa drop dan kasar.
  3. Tiap perpindahan gigi tenaga drop.

Proses Pengujian :

  1. Dynotest dilakukan di REXTOR.
  2. Dyno pertama menggunakan MURNI BBM PREMIUM.
  3. Dyno kedua menggunakan BBM PREMIUM + NORIVAL SILVER.
  4. Dosis 1 liter 2 tetes.
  5. Bahan bakar 3 liter menggunakan HANYA 6 TETES NORIVAL SILVER.

Dokumentasi pengujian :

Pada pengujian pertama , motor memang kondisinya digunakan hanya untuk harian dan belum pernah menggunakan Norival sama sekali. Murni BBM Premium. Berikut ini adalah hasil dyno yang didapatkan : ( Klik Gambar untuk melihat lebih jelas ).

Pengujian Norival Silver

Grafik terlihat tidak stabil dan sangat terlihat performa motor tidak prima sehingga grafik begitu bergelombang. Torsi 12.123 dk dan HP 9.625 dk Pada pengujian kedua diberikan Norival Silver sebanyak 6 tetes untuk 3 liter BBM Premium. Dosis adalah 1 liter 2 tetes. Setelah di teteskan, motor di nyalakan selama 30 detik agar BBM yang telah dicampurkan Norival masuk ke dalam ruang bakar. Dan berikut ini adalah hasil yang didapatkan : ( Klik gambar untuk melihat lebih jelas ).

HANYA DENGAN 2 TETES PERLITER, dari grafik yang ditunjukkan, performa motor menjadi jauh lebih baik dan lebih merata baik torsi maupun hp. Nilai yang didapatkan adalah Torsi 12.389 dan HP 9.754. Kesimpulan :

  1. Peningkatan Torsi adalah 0.266 dan Hp 0.129
  2. Performa mesin menjadi jauh lebih baik dan lebih merata sehingga tidak mengalami penurunan tenaga pada saat perpindahan gigi ataupun kondisi beban berat.
  3. Norival Silver yang memang diperuntukkan bagi motor s/d 150cc terbukti mampu memperbaiki kinerja mesin walau HANYA 2 TETES PER LITER BBM.
Komentar joki dyno : ” Nilai tinggi pada performa mesin sia-sia bila grafik menunjukkan performa tidak merata dan stabil. Lebih baik nilai standar dengan torsi dan hp yang merata ” NORIVAL ENERGY FUEL ENHANCER terbukti mampu meningkatkan performa mesin spontan. Performa akan semakin meningkat bila motor di treatment dengan Norival Energy Fuel Enhancer untuk waktu yang lebih lama seiring ruang bakar menjadi lebih bersih dan kerak semakin berkurang. Motor yang termasuk kurang terawat pun ternyata mampu ditingkatkan performanya hanya dengan 2 tetes per liter bbm.
Sumber: Norival.


Pengujian Treatment Bertahap Norival Energy Fuel Enhancer

Norival Energy Fuel Enhanher juga tidak terlepas dari hukum teknis mengenai bahan bakar, yaitu keseimbangan pengaturan antara bahan bakar dan udara. Bahan bakar yang telah ditingkatkan kualitasnya tetap membutuhkan pengaturan udara yang seimbang dengan Air Fuel Ratio antara 13 – 14.

Norival menguji kemampuan treatment bertahap tentang efek penyempurnaan pembakaran bahan bakar kendaraan. Settingan dilakukan berbeda agar terlihat hail treatment yang jelas.

Spesifikasi pengujian
Jenis kendaraan yang digunakan : Sepeda Motor
Merek : Bajaj Pulsar 220cc DTS-I
Bahan bakar : Premium ( RON 88 )
Jenis Norival yang digunakan : Norival Gold ( kompresi 9:5 : 1 )

Pada jarak tempuh 1100KM sengaja dilakukan penyettingan basah pada AFR 10.4. Piston kembali dibuka pada 1700KM. Terlihat warna hitam yang menyebabkan kerak akibat AFR yang terlalu Rich walau menggunakan Norival Energy Fuel Enhancer.

Pengujian norival Gold

Setelah itu dilakukan penyettingan kembali AFR pada angka 12.7. Piston kembali dibuka pada jarak tempuh 6690KM. Hasil pembakaran terlihat sangat baik dan kerak karbon semakin menipis. Perhatikan tanda panah pada permukaan piston yang sangat jelas terlihat menandakan kerak sangat tipis. Warna pembakaran menunjukkan kesempurnaan pembakaran yang sangat baik.

Pengujian Norival Gold

Kemudian dilakukan penyettingan pada AFR 13.5. Saat sepeda motor mencapai jarak tempuh 8360KM, piston kembali dibuka. Terlihat permukaan piston semakin bersih karena AFR sudah ideal untuk kondisi dalam kota.

Warna pembakaran menunjukkan kesempurnaan. Konsumsi bahan bakar semakin irit dengan torsi dan horsepower meningkat signifikan.

Norival bekerja sangat baik pada pengujian treatment dan memberikan peningkatan performa. Pada dasarnya aditif hanya membantu meningkatkan kualitas bahan bakar. Namun pada prosesnya, pembakaran dari bahan bakar memerlukan kondisi pengapian yang prima dan pengaturan udara yang seimbang. Hal ini hanya bisa dilakukan oleh mekanik bengkel. Norival tidak bisa menggantikan peran mekanik secara total dalam merawat kondisi kendaraan dan mesin.

pengujian norival gold

Warna busi yang diperoleh pada penyettingan terakhir sangat baik dan terbukti pembakaran semakin disempurnakan.

Sumber: Norival.