MEMAKSIMALKAN SISTEM PENGEREMAN MOBIL HARIAN -CIVIC CENTURY / VTIS (ES) 2002 LIMITED R

civic 1

Norival.pro – Disini saya akan sharing sedikit mengenai sistem pengereman buat mobil harian, yang tentunya ga usah terlalu wah dan mengeluarkan budget terlalu berlebih, yang terpenting fungsi nya sob, gaya urusannya belakangan. Rem adalah faktor terpenting saat kita berkendara dan harus selalu bisa diandalkan disegala situasi, karena urusannya sama keselamatan kita sob.

Sekilas mengenai spesifikasi mobil; Transmisi Manual, exhaust 4-2-1 masih bawaannya, masih cukup OK buat mendukung ubahan portingan di head cylinder, alternator dari +/- 65Am naik jadi +/- 90Am, lumayan supply arus jadi stabil & dibagi rata pakai ground wire + volt stabilizer. Intinya mobil disesuaikan buat kondisi berkendara harian, masih ngacir dan irit pula, premium pun masih doyan sob…(^o^)V

Bagian kaki-kaki mobil adalah point utama sebelum kita merambah pada bagian lain untuk menunjang stabilitas dan kontrol pada saat kita berakselerasi maupun dekselerasi. Dari awal mobil dipinang sudah banyak perbaikan sana sini, terutama di sektor kaki – kaki, dari bunyi2 kretek – kreteK di bagian belakang yang disebabkan oleh bushing upper arm & lower arm yang udah aus, sampai bunyi ngik – ngik karena suspensi + stopper & link stabilizernya yang sudah aus.

civic 2

Pada umumnya jarang dari kita yang memperhatikan kondisi bushing / karet2 joint pada kaki – kaki mobil, karena posisinya dikolong, pengalaman saya, kalau bushing arm aus saat berakselerasi atau dekselerasi terutama pada saat hujan dan terdapat genangan air, roda tidak hanya bergerak mengikuti alur suspensi naik turun, tapi roda juga bergerak maju mundur, walau toleransinsi geraknya sangat minim, tapi efeknya cukup besar dan dapat mengakibatkan mobil bergeser karena saat upper/lower arm juga ikut bergerak maju mundur dan komponen kaliper rem yang terkoneksi / duduk diatas lower arm juga ikut bergerak dan mengakibatkan kampas rem bergesekan dengan piringan, alhasil terjadi kondisi pengereman yang tidak kita inginkan pada bagian roda yang terkoneksi dengan bushing yang sudah aus, tekanan tersebut cukup untuk membuat mobil bergeser.

Jadi, jika saat berkendara sobat merasakan posisi stir sedikit membanting (liar) pada saat ngegas atau ngerem atau paling terasa saat melibas genangan air di kondisi jalanan rata (tanpa injek rem), segera cek bushing karet – karet di kolong mobil sobat, kalau tidak akibatnya bisa fatal seperti yang dialami saya pribadi, mobil tidak bisa dikendalikan di kecepatan tinggi saat melibas genangan air di jalan tol dan tabrakan pun terjadi karena mobil tidak bisa dikendalikan (salah satu rem menekan disalah satu roda belakang karena pergerakan bushing lower arm yg udah oblak saat akselerasi dan melibas genangan air di jalan tol dan merubah arah mobil).

civic 3

Dari pengalaman tersebut, saya mulai konsentrasi ke berbagai komponen untuk menunjang stabilitas sebelum merambah ke sektor mesin dll, mulai dengan penambahan stabilizer seperti menginstal strut bar, lower control arm dan mengecek smua komponen bushing arm.

civic 4

civic 5

Selesai membenahi sektor kaki – kaki dan penambahan komponen stabilitas, mobil cukup jinak dan mudah dikendalikan, yang dirasa masih kurang adalah sistem pengereman, semua kampas secara pada awal dicoba sama aja feelnya, yang membedakan kampas rem bagus atau jelek itu di saat kondisi tertentu, seperti:

  • Disaat kondisi kampas mulai panas, jika kualitasnya buruk, sistem pengereman menjadi lemah / di sebut fading resistance, sedikit lebih ngelost dan daya pengeremannya drastis menurun.
  • Dikondisi cuaca lembab atau hujan, kampas rem yang baik harus dapat memberikan daya cengkram dengan tingkat modulasi yang tinggi, artinya rem tidak mengunci (missal disaat ngerem sedikit langsung rasanya langsung kejut seperti kondisi hampir mengunci) dan berdecit, bahaya sob.
  • Dikondisi hujan juga kampas rem dengan material lining yang lemah akan lebih cepat habis, logikanya jika bahan kampas (lining) buruk, biasanya pori nya akan lebih besar dan material yang berkualitas lebih rapat, gampangnya: Ambil tissue – lipat – gesekkan ke permukaan meja & Kembali ambil tissue – basahi – gesekkan, pasti tissue yang basah akan cepat hancur (Tissue mahal & murah dengan pori yang berbeda mana yang lebih cepat hancur??
  • Material Lining kampas memegang peranan bagi kualitas suatu kampas: Kampas dengan material asbestos sudah diketahui masyarakat luas bahwa efeknya sangat berbahaya bagi kesehatan dan bahan kampas lainnya yang banyak beredar dilapangan diantaranya adalah:
  • Bahan Organik NAO ( Non Asbestos Organic) Yang menjadi bahan pengganti dari kampas rem berbahan asbes. Kampas rem organik disusun dari bahan serbuk kaca, serat, kevlar, dan karbon. Jenis ini banyak digunakan sebagai kampas bawaan dari pabrikan / original / OEM grade, karena kampas rem jenis ini memiliki daya gesek yang baik dan lebih ramah lingkungan.

Kelebihan kampas rem organik

  • Lembut, lebih tenang, mudah mencengkram piringan rem.
  • Tidak memerlukan pemanasan untuk menghasilkan daya pengereman.
  • Memiliki lebih sedikit debu daripada kampas metal.
  • Sangat cocok untuk pengemudian normal.

Kekurangan kampas rem organik

  • Hanya sanggup bekerja pada range suhu tertentu
  • Lebih cepat aus jika dibandingkan jenis bahan lainya.
  • Bersifat high compressed, sehingga menyebabkan efek lembek bila pedal rem diinjak.
  • Akan kehilangan daya gesekan saat overheat.
  • Jenis yang kedua sesuai namanya, kampas rem metalic memiliki bahan metal atau besi dengan komposisi 30-60%. Kampas rem jenis ini tersusun dari bahan tembaga, besi, yang dilapisi grafit sebagai pelumas. Kampas rem jenis ini memiliki kemampuan pendinginan yang cukup baik untuk mendinginkan rotor. Sehingga cocok untuk digunakan saat performance driving.

Kelebihan kampas rem semi metalic

  • Memiliki daya pengereman lebih besar dari pada jenis organik
  • Memiliki koefisien panas yang lebih tinggi
  • Memiliki daya cengkram walau disuhu dingin.
  • Memiliki range atau jangkauan suhu yang luas.
  • Cocok untuk menempuh perjalanan off-road.

Kekurangan kampas rem semi metalic

  • Lebih berisik dari pada kampas rem jenis organik
  • Memiliki debu yang lebih pekat dan banyak
  • Lebih keras, sehingga berpotensi mengurangi ketebalan piringan rem
  • Memiliki harga yang lebih tinggi dibandingkan tipe organik
  • Jenis bahan kampas rem yang paling kooperatif yaitu bahan keramik. Namun bahan penyusun kampas rem jenis ini bukan hanya keramik saja. Ada penambahan material seperti karbon, silikon dan serat tembaga. Jenis kampas rem keramik dibuat untuk menggantikan kampas rem semi metalic yang memiliki suara kasar. Kampas rem jenis ini memiliki ketahanan disuhu panas yang cukup baik namun kampas ini juga memiliki debu yang lebih sedikit.

Kelebihan kampas rem keramik

  • Memiliki suara yang lebih tenang daripada kampas rem semi metalic
  • Memiliki debu yang cerah dan lebih sedikit.
  • Memiliki umur yang lebih panjang daripada semi metalic atau organik
  • Memiliki jangkauan suhu kerja yang lebih luas.

Kekurangan kampas rem keramik

  • Salah satu jenis kampas rem dengan harga paling mahal (kalau ada produk ceramic dengan harga murah, ceramicnya masuk dalam grade apa?)
  • Memiliki penyerapan pendinginan yang lebih buruk daripada semi metalic
  • Kurang cocok dipakai pada suhu dingin.

Semua bahan kampas dari beberapa merek yang berbeda pernah saya jajal, plus minusnya seperti disebutkan diatas sob.

Dari kampas sebelumnya yang saya keluhkan itu debunya, di pelek kotor bro.

civic 6

Selain debu menumpuk, umur pakainya singkat sekali dengan gaya berkendara dan rute saya lalui.

civic 7

Merek yg saya pakai sebelumnya sudah mendunia, tapi kw nya karena harganya ga mungkin banget segitu sob, klo pake orinya ok lah buat driving normal, tapi klo lagi iseng niban gas pol trs nginjek rem masih kurang responnya yang sy rasa.

Survey demi survey saya lalui, yang saya cari syaratnya ga usah terlalu mahal tapi juga jangan murahan (kualitas jelek), yang sesuai kompromi sana sini sob, maklum budget difokuskan ga Cuma untuk mobil, tapi juga buat biaya ke 3 anak.

Saat ini yang saya pakai adalah kampas bahan ceramic organic dari merek elig yang seharusnya teorinya adalah kompromi antara bahan ceramic dan organic untuk meminimalis kekurangannya dari masing2 bahan tsb.

Bagian depan saya pakai elig tipe advance+, 1 step diatas dari elig tipe standar yang saya pakai untuk bagian rem belakang.

civic 8

civic 9

Respon selama ini sih ok, cukup memenuhi ekspektasi saya, awalnya pada masa penyesuaian bed in/brake in time selama 2 hari memang pengereman masih sedikit kasar karena disc memang sudah sedikit tergerus dari pemakaian kampas sebelumnya, tapi selepas masa penyesuaian…smooth banget sob, yang saya suka itu tingkat modulasinya dari rem di injek 10% – 80% responsive banget dan ga ngelock, feelingnya di kaki kerasa banget, kaki jadi lebih ga tegang sob, “control is on your feet”. Pakemnya juga ok banget saat dipakai pada kondisi hujan ataupun kering, ga ada penurunan yang signifikan dari kualitas pengeremannya dari awal start sampe suhu panas, saya testnya di daerah puncak, karena selain naik turun jalannya juga berliku – liku dan termasuk rutinitas juga setiap minggunya, karena pasti melintas di daerah puncak (Ciawi sedang banyak proyek, macet sob), start dari kotamadya sukabumi menuju Jakarta.

Awetnya saya belum tau, karena baru pakai sekitar +/- 15.000Km (Nanti akan saya review kembali di artikel selanjutnya).

Dari hasil yang didapat dengan biaya Rp.780.000 untuk Elig tipe advance +, sudah lebih dari cukup buat harian, daripada harus upgrade caliper + disc rotor oversize drilled slotted gan, mau habis berapa? Memangnya mau masuk sirkuit dan balik lagi jika smua system komponen pendukung pengeremannya sudah ciamik, tapi klo kampasnya jelek sama saja hasilnya sob, elig is recommended gan.

civic 10

Sebelum install kampas rem baru, perhatikan juga fisik kampas lamanya sob, kalau makan nya tidak rata / miring harus sekalian dibenahi, karena daya pengereman ga akan maksimal & kampas barunya sayang juga sob.

civic 11

Penyakitnya ada pada dudukan pin di sektor kalipernya, bukan pin nya (baut set dudukan caliper) tapi dudukannya biasa sudah aus, kalau mekanik yang ga mau pusing sih biasanya di ganjel pake kaleng coca-cola dibagian pinnya baru di masukin ke dudukannya kalipernya sambil ketok-ketok dikit.

civic 12

Berdasarkan pengalaman, klo diakalin seperti di ganjel ga akan menyelesaikan masalah nya sob, kalau rumahnya dudukan pinnya (bracket dudukan caliper) sudah aus harus di service bro, ga usah ganti juga bisa, minta bengkel bongkar dan minta di bawa ke tukang bubut, di cor lagi tambah daging baru di buat dudukan baru sesuai dengan diameter pinnya, hemat dan masalah pasti terselesaikan, kalau agan – agan saat ngerem suka bunyi – bunyi dan dilepas ilang, bisa cek komponen dudukan pin nya sob (Kaliper berarti ikut bergerak saat mengerem).

OK demikian review & tips dari saya, semoga berguna. Thanks & CMIW.