Benelli Zafferano 250

Motor Scooter Matic yang menjadi Lawan Tangguh Suzuki Burgman 200 dan SYM GTS 250i

Benelli Zafferano 250

Motor matic atau Scooter matic merupakan jenis kendaraan bermotor yang sangat populer di Indonesia sejak beberapa tahun silam. Bahkan saat ini motor matic sedang merajai pasar otomotif di tanah air dengan peningkatan penjualan yang cukup signifikan. Hal ini menjadikan setiap perusahaan otomotif besar seperti Honda dan Yamaha terus berlomba untuk mengeluarkan produk motor matic terbaiknya untuk menjadi pemimpin pasar di Indonesia.

Pasar sepeda motor matic menjadi semakin ramai dengan kehadiran perusahan – perusahaan non Jepang, seperti merek Benelli asal Negara Itali ini. PT Benelli Motor Indonesia merupakan distributor motor Benelli yang telah menghadirkan varian motor matic ukuran XL dengan nama Zafferano 250 yang didatangkan dalam bentuk CKD (Completely Know Down), singkatnya semua komponen lengkap didatangkan langsung dari negeri Cappuccino asal Italiano dan di rakit di Indonesia. Motor matic ini sudah lama hadir di tanah air dan namanya yang sudah tidak asing lagi di kalangan pecinta otomotif di tanah air.

Review lengkap Benelli Zafferano 250 akan kita bahas disini, seperti: Harga, spesifikasi dan apa sajakah yang menjadi keunggulan motor matic ini serta kekurangannya? Nah bagi sobat otomotif yang ingin tau lebih jelasnya mari kita simak ulasan mengenai Review Spesifikasi dan Harga Benelli Zafferano 250 Terbaru ini.

Desain, Dimensi & Performa Mesin Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250 tampil dengan memancarkan aura desain motor matic yang sangat sporty dan elegant. Desain bagian kepala yang dirancang untuk mendukung sektor aerodinamika ini dilengkapi dengan headlamp yang terdiri dari 4 buah lampu utama yang berfungsi sangat baik untuk memberikan penerangan dimalam hari.

Ukuran body motor matic ini cukup terbilang besar dengan dimensi total Panjang 2168 x Lebar 796 x Tinggi 1434 mm. Dengan ukuran dimensi sebesar itu maka tidak heran jika motor matic ini dijuluki dengan maxi scooter dengan bobot yang mencapai 155 Kg.

Untuk mendukung bobot dan dimensi maxi nya, motor matic Eropa Benelli Zafferano 250 dipersenjatai dengan mesin 250 cc satu silinder 4 tak sistem injeksi (Diameter bore dan stroke 69 mm x 66,8 mm dengan kompresi sebesar 11,2 : 1) yang telah dilengkapi dengan sistem pendinginan air / radiator. Dengan mesin tersebut, tak heran jika scooter matic Benelli Zafferano 250 mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 15,5 Kw di putaran 7.000 rpm dengan torsi sebesar 20.83 Nm.

Suspensi dan Kaki-kaki Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250 ditopang dengan garpu Telescopic Shock Arbsorber di bagian depan dan Suspensi Adjustable Shock di bagian belakang. Racikan suspensi ala Italia tersebut mampu memberikan kenyamanan bagi pengendara di saat melewati jalan tidak rata atau bergelombang.

Velg depan berdiameter 14 inch yang dibalut dengan ban berukuran 120/70 telah dipersenjatai dengan sistem rem cakram ganda dan ukuran ban belakang 140/60 dengan tapak yang cukup lebar ini juga telah dilengkapi dengan sistem rem cakram tunggal.

Benelli Zafferano 250

Tentu banyak juga yang bertanya bagaimana tentang ketersediaan suku cadangnya, untuk beberapa komponen fast moving yang bersifat konsumtif seperti kampas rem, telah banyak beredar produk aftermarket nya dilapangan. Ambil contoh kampas rem berkualitas merek Elig dari bahan keramik organik telah tersedia untuk melengkapi kedua kaliper depan dan kaliper belakang motor matic Benelli Zafferano 250, produk kampas rem merek Elig atau pun merek lainnya cukup mudah didapati secara online ataupun ditoko dan bengkel. Mengingat bobot, dimensi dan spesifikasi mesin Benelli Zafferano 250 yang cukup maxi, pastikan anda menggunakan produk kampas rem dengan kualitas baik seperti kampas rem merek Elig yang telah banyak direkomendasikan oleh rekan – rekan lainnya, sudah bersertifikasi TUV loh, jadi pasti terjamin kualitasnya. Kampas rem Elig ada 2 tipe pilihan Elig Ceramic Premium dan Elig Ceramic sport buat pencinta kecepatan. Informasi selengkapnya silahkan mengunjungi website resminya di: www.eligindonesia.com.

kampas rem Benelli Zafferano 250
kampas rem Benelli Zafferano 250
kampas rem Benelli Zafferano 250

Kampas Rem Depan & Belakang Elig Benelli Zafferano 250 Ceramic Premium

Informasi Harga Kampas Rem Elig Ceramic Premium untuk Benelli Zafferano 250:

  • Kampas Depan Kiri PREMIUM_EM017 (SY004) Rp.80.000,-
  • Kampas Depan Kanan PREMIUM_EM016 (YA006) Rp.80.000,-
  • Kampas Belakang PREMIUM_EM050 (YA003) Rp.80.000,-
kampas rem Benelli Zafferano 250
kampas rem Benelli Zafferano 250
kampas rem Benelli Zafferano 250

Informasi Harga Kampas Rem Elig Ceramic Sport untuk Benelli Zafferano 250:

  • – Kampas Depan Kiri SPORT_EM017 (SY004) Rp.200.000,-
  • – Kampas Depan Kanan SPORT_EM016 (YA006) Rp.160.000,-
  • – Kampas Belakang SPORT_EM050 (YA003) Rp.210.000,-

Jika tertarik, silakan hub 0815 11111 391 (WA / SMS ONLY)

Keunggulan Benelli Zafferano 250

Sebagai motor maxi scooter, Benelli Zafferano 250 menawarkan keunggulan utama dalam hal kenyamanan yang tidak bisa dipungkiri, kenyamanan bisa dirasakan dari riding position super santai, kaki bisa selonjoran sob, selain itu jok nya super lebar dan empuk. Dijamin naik Benelli Zafferano 250 untuk jarak jauh tidak akan membuat badan cepat lelah. Apalagi bentuknya yang besar dan bobotnya yang lumayan mantap membuat Benelli Zafferano 250 sangat anteng saat digeber pada kecepatan tinggi.

Keunggulan berikutnya yang ada pada Benelli Zafferano 250 terletak pada ruang akomodasi yang begitu lapang. Yups, ruang bagasi di bawah jok memang sangat besar, bahkan bisa digunakan untuk menyimpan dua buah helm sekaligus. Kalau tidak diisi dengan helm, ruang bagasi di bawah jok ini tentu saja bisa digunakan untuk menyimpan cukup banyak barang. Malah untuk kebutuhan touring selama 2-3 hari, barang-barang bawaan seperti pakaian bisa ditaruh di ruang bagasi di bawah jok tanpa perlu repot membawa tas maupun menambah box sebagai ruang bagasi tambahan.

  • – Memberikan kenyamanan saat riding jarak jauh
  • – Ruang bagasi luas
  • – Built quality bagus
  • – Twin disc brake di bagian depan & tunggal di bagian belakang
  • – Power dan torsi besar
  • – Konsumsi bahan bakar tergolong irit di kelasnya

Kekurangan Benelli Zafferano 250

Ada keunggulan pasti ada kekurangan… Menurut saya wujud Benelli Zafferano 250 yang sangat besar memberikan keunggulan sekaligus juga kelemahan. Ukurannya yang jumbo membuat Benelli Zafferano 250 sulit mendapatkan ruang parkir. Ditambah lagi bobotnya yang mencapai 155 kg melatih otot rider semakin besar di saat parkir sob. Umumnya parkiran motor di Indonesia, terutama di kota-kota besar, bisa dibilang kurang motorsiawi. Beberapa mall memang memberikan privilege ruang parkir terhadap motor-motor besar. Sayangnya itu hanya untuk motor dengan kapasitas mesin di atas 250 cc, sedangkan Benelli Zafferano 250 yang menggunakan mesin 250 cc tidak termasuk di dalamnya. Selain itu Benelli Zafferano 250 sulit melakukan manuver selap-selip di tengah kemacetan.

  • – Sulit mendapatkan parkir
  • – Sulit bermanuver di tengah kemacetan
  • – Tarikan awal agak lemot
  • – Ada vibrasi minim ketika motor berada di kecepatan 10-20 km/jam

Kesimpulan dari kelebihan vs kekurangan Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250

Benelli Zafferano 250 sangat cocok dipinang oleh rider yang mendambakan kenyamanan dalam berkendara. Namun menurut saya motor ini lebih pas digunakan sebagai kendaraan touring untuk melakukan perjalanan jarak jauh dan sesekali dipakai untuk keliling kota di akhir pekan. Kalau digunakan sebagai kendaraan komuter memang terasa kurang praktis karena body-nya yang besar, lebar, panjang, plus bobotnya yang berat. Harga yang ditawarkan oleh Benelli untuk motor ini juga tergolong masuk akal. Benelli Zafferano 250 dijual dikisaran harga Rp 49 jutaan. Harga ini masih jauh lebih murah dibandingkan dengan maxi scooter yang juga super gambot seperti Suzuki Burgman 200 yang mencapai harga Rp 57 jutaan di Jakarta atau SYM GTS 250i yang dijual dengan harga Rp 67 jutaan di Jakarta. So, Benelli Zafferano 250 memang lebih value ketimbang para kompetitornya. Namun, rencana kehadiran Yamaha NMAX 250 bukan mustahil bisa mengganggu eksistensi Benelli Zafferano 250. Apalagi kalau Yamaha membandrol Yamaha NMAX 250 dengan harga yang sangat agresif seperti pada saat meluncurkan Yamaha NMAX 155 cc nya.

Spesifikasi dan Harga Benelli Zafferano 250 Terbaru

Spesifikasi Benelli Zafferano 250
Mesin
  • Tipe Mesin : 4 stroke single cylinder
  • Kapasitas Mesin : 249.7 cc
  • Diameter x Langkah : 69.0 x 66.8 mm
  • Perbandingan Kompresi : 11,2 : 1
  • Daya Maksimum: 15.5kW/7000 r/min
  • Torsi Maksimum : 20.83 Nm/rpm
  • Sistem Starter : Electric
  • Transmisi : Automatic
Dimensi
  • PxLxT : 2168 mm x 796 mm x 1434 mm
  • Berat : 155 kg
  • Jarak terendah ke tanah : 103 mm
  • Jarak antar sunbu roda : 1488 mm
  • Kapasitas tangki : 12 liter
Rangka
  • Suspensi Depan : Telescopic Shock Arbsorber
  • Suspensi Belakang : Adjustable Shock Arbsorber
  • Ukuran Ban Depan : 120/70 – 14
  • Ukuran Ban Belakang : 140/60 – 14
  • Rem Depan : Dual Disc
  • Rem Belakang : Disc

Benelli Zafferano 250